Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bangun Tanggul Laut Raksasa, Pemprov DKI Gandeng Bappenas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 03 Januari 2023, 20:55 WIB
Bangun Tanggul Laut Raksasa, Pemprov DKI Gandeng Bappenas
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota, Selasa (3/1)/RMOLJakarta
rmol news logo Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bersinergi dengan Pemerintah Pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait pembangunan proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Giant Sea Wall (GSW) atau tanggul laut raksasa.

"Giant Sea Wall ada berkaitan dengan tata ruang ke depan, terkait dengan konsep provinsi lain, harus sinergi dengan Bappenas," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota, Selasa (3/1).

Konsep GSW ini mengalami perubahan sejak 2007 hingga 2020. Pematangan konsep Giant Sea Wall saat ini disusun Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI dan ditargetkan akan selesai dalam tiga bulan mendatang.

"Konsep perencanaannya memang harus segera karena setelah ini ke Bappenas akan dilakukan diskusi dengan para kementerian terkait. Kira-kira kapan? Ya, mungkin dua-tiga bulan konsep ini selesai," kata dia.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini mengatakan, jika Jakarta ingin aman dari dampak banjir rob, maka Jakarta harus membangun tanggul laut dan tanggul pantai.

"Kalau mau aman Jakarta seterusnya, kita harus bisa bangun tanggul GSW, tanggul pantai," tegas mantan Wali Kota Jakarta Utara itu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA