Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Booming Transaksi Daring Ritel, PT Pos Indonesia Luncurkan Layanan COD C2C

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Sabtu, 27 Juli 2019, 09:31 WIB
<i>Booming </i>Transaksi Daring Ritel, PT Pos Indonesia Luncurkan Layanan COD C2C
Acara Peluncuran Aplikasi COD C2C/Repro
rmol news logo PT Pos Indonesia terus berinovasi ditengah maraknya era e-commerce khususnya belanja daring ritel. Kini, PT Pos mengintergrasikan 3 pilar layanan e-commerce miliknya yakni logistic shipment, C2C (Customer to Customer) dan payment gateway dalam satu platform.
HUT 79 RI

Pengintergrasian itu ditandai dengan peluncuran aplikasi COD (Cash on Delivery)  dan C2C (Customer to Customer) oleh PT Pos Indonesia. Aplikasi itu diluncurkan d Jombang, Jumat (26/7), di wilayah bisnis Regional 7 Jawa Timur.

Aplikasi COD adalah metode pembayaran dimana pembeli membayar pesanan secara tunai pada saat pesanan tiba di tujuan. Pembayaran dilakukan kepada kurir yang mengantarkan barang.

Sedangkan C2C merupakan transaksi ritel daring berbasis media sosial. Mayoritas pelaku C2C adalah UMKM yang berada di sub urban dan atau rural.

Kepala Regional 7 Jawa Timur Arifin Muchlis mengatakan, peluncuran kedua aplikasi digital tersebut merupakan jawaban atas meningkatnya transaksi kiriman daring ritel di Jawa Timur yang mencapai pertumbuhan 233% pada periode Januari sampai dengan Juni 2019.

"Metode COD konvensional (manual) tidak memadai lagi untuk mengendalikan jumlah kiriman yang mencapai 6,4 juta lebih transaksi pada semester I - 2019," kata Arifin, seperti dilansir Kantor Berita RMOLJabar.   

Inovasi ini, terang dia, sekaligus mengintegrasikan 3 pilar layanan e-commerce milik PT Pos ke dalam satu platform.

“Logistic shipment menggunakan kurir Pos Kilat Khusus, C2C dalam pengendalian aplikasi milik Pos, dan payment gateway atau penyetoran uang menggunakan m-giro pos," jelasnya.  

Menurut Arifin, Jombang menjadi pionir yang berkembang pesat dalam layanan COD dan C2C. Peningkatan juga terjadi di sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Timur.

“Setelah ini akan diikuti Jawa Tengah, DIY, hingga seluruh Jawa. Pada akhir tahun 2019, ditargetkan secara Nasional sudah bisa terlayani," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA