Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dapat Penghargaan GIB, Dahnil: Ini Upaya Menggembirakan Kemanusiaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 22 Juli 2017, 17:55 WIB
Dapat Penghargaan GIB, Dahnil: Ini Upaya Menggembirakan Kemanusiaan
Dahnil Anzar Simanjuntak/Net
rmol news logo Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Gerakan Indonesia Beradab (GIB) di Auditorium Djokosoetono, Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (22/7).

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan, pihaknya akan terus mendorong upaya-upaya menghadirkan nilai-nilai kemanusiaan.

"Kami menyebutnya sebagai upaya menggembirakan kemanusiaan. Dan itu genetika gerakan Muhammadiyah sejak berdiri 1912 lalu,” jelas Dahnil dalam surat elektronik yang diterima redaksi, sesaat tadi.

Penghargaan diterima oleh Bendahara Umum Pemuda Muhammadiyah Putra Batubara lantaran Dahnil berhalangan hadir.

GIB Award 2017 ini, kata Dahnil, akan menjadi tambahan semangat bagi Pemuda Muhammadiyah untuk terus hadir bagi kepentingan menghadirkan wajah Islam solutif bagi permasalahan kemanusiaan dan berpihak terhadap mereka-mereka yang tertindas (mustadafin).

"GIB Award 2017 ini setidaknya bisa menjadi cambuk bagi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah untuk terus memperbaiki diri, menyempurnakan gerakan dan dakwah disemua lini untuk memajukan dan menggembirakan pengajaran Islam,” demikian Dahnil.

Sementara itu, Presiden GIB Bagus Riyono menjelaskan bahwa award dilakukan untuk membangun peradaban mulia dan meluruskan kekeliruan masyarakat tentang hakikat Hak Asasi Manusia (HAM).

"GIB ingin menegaskan bahwa HAM memiliki cita-cita puncak berupa human dignity," jelasnya.

Selain Pemuda Muhammadiyah, GIB juga memberikan penghargaan kepada Alm KH Hasyim Muzadi dalam kategori human dignity. Dia dipilih sebagai tokoh yang dinilai memiliki kepedulian tinggi dalam peradaban masyarakat yang bermartabat.

Sementara itu, untuk penerima penghargaan Human Dignity secara individual ialah Sultan Hamengkubuwono IX (alm), Prof Bismar Siregar (alm), Dr Neng Djubaedah dan Taufik Ismail.

Sedangkan dari organisasi dan lembaga diantaranya harian Republika, Asosiasi Psikologi Islam (API), Dompet Dhuafa, Aliansi Cinta Keluarga Indonesia (AILA), Yayasan Pengembangan Media Anak, Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia, Yayasan Kita dan Buah Hati, Yayasan Peduli Sahabat, GRANAT, PAHAM, dan GIGA. [sam] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA