Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Jalani Sidang Perdana Kasus Gratifikasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 22 November 2023, 12:26 WIB
Mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Jalani Sidang Perdana Kasus Gratifikasi
Mantan Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono/RMOL
rmol news logo Mantan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Makassar, Andhi Pramono (AP) akan menjalani sidang perdana dengan agenda dakwaan kasus dugaan penerimaan gratifikasi.

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri mengatakan, hari ini, Rabu (22/11), dijadwalkan sidang perdana pembacaan surat dakwaan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK dengan terdakwa Andhi Pramono di Pengadilan Tindak Pinda Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Jaksa sudah siap dengan surat dakwaannya dan kami mengajak masyarakat ikut kawal proses sidang dimaksud. Kami pastikan persidangan dilakukan secara terbuka untuk umum," kata Ali kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/11).

Ali menjelaskan, Andhi Pramono akan didakwa menerima gratifikasi senilai Rp50,2 miliar dan 264.500 dolar AS serta SGD 409 ribu dolar Singapura.

Andhi Pramono resmi ditahan KPK pada Jumat (7/7). Dalam rentang waktu antara 2012-2022, Andhi dalam jabatannya selaku PPNS sekaligus pejabat eselon III di Ditjen Bea dan Cukai diduga memanfaatkan posisi dan jabatannya tersebut untuk bertindak sebagai broker atau perantara.

Selain itu, Andhi juga memberikan rekomendasi bagi para pengusaha yang bergerak di bidang ekspor impor, sehingga nantinya dapat dipermudah dalam melakukan aktivitas bisnisnya.

Sebagai broker, Andhi diduga menghubungkan antar importir untuk mencarikan barang logistik yang dikirim dari wilayah Singapura dan Malaysia yang diantaranya menuju ke Vietnam, Thailand, Filipina, Kamboja.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA