Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dirjen Perkeretaapian M. Risal Wasal Penuhi Panggilan KPK, Menhub Budi Karya Sumadi Belum Hadir di Gedung Merah Putih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 14 Juli 2023, 11:26 WIB
Dirjen Perkeretaapian M. Risal Wasal Penuhi Panggilan KPK, Menhub Budi Karya Sumadi Belum Hadir di Gedung Merah Putih
Dirjen Perkeretaapian, M. Risal Wasal/RMOL
rmol news logo Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), M Risal Wasal, memenuhi panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, Risal tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada pukul 10.00 WIB, Jumat (14/7).

Risal mengaku sudah memiliki persiapan untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

"InsyaAllah ada (persiapan diperiksa sebagai saksi)," ujar Risal kepada wartawan, Jumat (14/7).

Selain Risal, tim penyidik juga memanggil Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, pada hari ini. Akan tetapi, hingga pukul 10.20 WIB, Menhub Budi belum hadir di Gedung Merah Putih KPK.

Dalam kasus ini, KPK menyatakan terdapat aliran dana yang mengalir ke petinggi di Kemenhub. Di mana, dugaan aliran dana ke petinggi Kemenhub tersebut didalami tim penyidik kepada saksi-saksi yang telah diperiksa di Polrestabes Semarang pada Rabu kemarin (12/7).

Saksi-saksi yang telah diperiksa itu adalah Logam Sehat Utama selaku wiraswasta, Eko Budi Santoso selaku Koordinator Satuan Pelayanan Yogyakarta BTP Wilayah 1 Semarang, dan Heni Purwaningtyas selaku pejabat Pokja di Satuan Pelaksana 3 Jateng DIY 2019-2023.

"Ketiga saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain tentang dugaan settingan untuk memenangkan PT IPA saat lelang pekerjaan pembangunan jalur ganda KA Solo Kadipiro-Semarang (JGSS). Termasuk aliran dana dari PT IPA ke beberapa pihak termasuk petinggi di Kemenhub," kata Ali kepada wartawan, Kamis (13/7). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA