Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikabarkan akan Ditahan, Andhi Pramono Bungkam saat Tiba di KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 07 Juli 2023, 10:19 WIB
Dikabarkan akan Ditahan, Andhi Pramono Bungkam saat Tiba di KPK
Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono/RMOL
rmol news logo Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono (AP) kembali diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, Andhi Pramono tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan pada pukul 10.03 WIB, Jumat (7/7).

Berdasarkan informasi, KPK akan melakukan upaya paksa penahanan terhadap Andhi hari ini, setelah selesai dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka.

Namun demikian, Andhi kembali memilih bungkam saat ditanya persiapannya jika dilakukan penahanan pada hari ini.

Pada Senin (19/6), Andhi Pramono juga telah diperiksa sebagai tersangka. Pada pemeriksaan itu, KPK melakukan penyitaan terhadap milik Andhi, berupa satu unit mobil merek Land Cruiser, dan tujuh tas mewah berbagai merek.

Andhi Pramono diduga menerima uang gratifikasi mencapai puluhan miliar rupiah. Data sementara, dia menerima uang senilai Rp30 miliar.

Dalam perkembangannya, berdasarkan data Laporan Hasil Analisis (LHA) Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang ditindaklanjuti KPK, nilai transaksi mencurigakan Andi Pramono mencapai Rp60.166.172.800 (Rp60,1 miliar).

Tak hanya gratifikasi, Andhi juga kembali ditetapkan sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada Senin (12/6).

KPK sudah menggeledah rumah Andhi di komplek perumahan mewah Grand Summit di Jalan Everest di wilayah Sekupang, Batam, Selasa (6/6), dan diamankan bukti elektronik. Tiga unit mobil mewah yang disembunyikan di sebuah ruko di Batam, yaitu Hummer, Toyota Roadster, dan mini Morris juga ikut disita lembaga antirasuah.

KPK juga menggeledah sebuah rumah di perumahan di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Senin (12/6). Dari penggeledahan itu, KPK menemukan dokumen-dokumen terkait dengan aset-aset yang disembunyikan Andhi.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA