Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Yakin Masyarakat Papua Dukung Proses Hukum Lukas Enembe

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 10 Januari 2023, 18:09 WIB
KPK Yakin Masyarakat Papua Dukung Proses Hukum Lukas Enembe
Lukas Enembe saat digiring masuk ke dalam pesawat usai ditangkap oleh tim KPK di Abepura, Jayapura pada Selasa siang waktu setempat/Ist
rmol news logo Penangkapan tim KPK terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe murni penegakan hukum dan bukan soal kepentingan apapun termasuk politik, oleh karenanya, KPK yakin masyarakat Papua mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, KPK terus melakukan koordinasi dengan Brimob Polda Papua dalam melakukan pengamanan usai Lukas ditangkap KPK untuk dibawa ke Jakarta.

"Tadi proses yang sudah berjalan tentu kalaupun ada gangguan-gangguan kecil, saya kira sudah bisa diatasi oleh pihak Polda. Dan kami yakin, masyarakat Papua mendukung upaya-upaya penegakan hukum tindak pidana korupsi," ujar Ali kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa sore (10/1).

Karena kata Ali, KPK menegaskan bahwa tidak ada kepentingan lain dari KPK selain proses penegakan hukum terhadap Lukas Enembe. Dan pada prosesnya pun, Ali menekankan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan asas praduga tak bersalah.

"Tidak ada kepentingan politik sama sekali, ini murni penegakan hukum. Sehingga kami pastikan, terhadap tersangka LE ini kami juga hormati dan menjunjung tinggi hak asasi manusianya. Kami junjung tinggi asas praduga tak bersalah, kami penuhi hak-haknya sebagai tersangka sebagaimana ketentuan di dalam hukum acara pidana," pungkas Ali. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA