Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seniman Teater Gelar Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 09 Juni 2024, 22:01 WIB
Seniman Teater Gelar Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman
Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman/Ist
rmol news logo Sejumlah grup teater di Jakarta Timur akan menggelar acara Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman di Gelanggang Remaja Jakarta Timur (GRJT),  Sabtu mendatang (15/6).

“Seorang murid (kita) harus senantiasa mencari keridaan dari guru. Begitulah keutamaan mendahulukan adab dibanding ilmunya sendiri,” kata Ketua Panitia Pelaksana Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman Bambang Oeban, Minggu (9/6).

Aktor senior Dorman Borisman meninggal dunia pada Selasa, 7 Mei 2024 lalu. Ia lahir di Jakarta pada 5 Februari 1951.

Di industri perfilman dan pertelevisian, aktor dedikatif ini tak kurang sudah membintangi lebih dari 45 judul film layar lebar, serta ratusan judul film televisi (FTV) dan serial sinetron. Karirnya di film layar lebar diawali tahun 1977 lewat film Suci Sang Primadona.

Sinetron paling fenomenal yang pernah dibintanginya adalah Saras 008 (Indosiar, 1998-2004), berperan sebagai Mas Yudhis.

Pada karya seni pertunjukan, Dorman banyak terlibat di sejumlah pementasan, baik sebagai aktor maupun sutradara.

Ia bergabung dengan sejumlah tokoh-tokoh teater Indonesia, seperti Teguh Karya (Teater Populer), Arifin C. Noer (Teater Kecil, Putu Wijaya (Teater Mandiri), dan kelompok seni lainnya.

Dorman Borisman juga mendirikan Teater Jakarta Timur yang bermarkas di Gelagang Remaja Jakarta Timur (GRJT). Ikut mendirikan Ikatan Teater Jakarta Timur (IKATAMUR), yang mengayomi puluhan grup teater di Jakarta Timur.

“Dorman Borisman aktor, seniman besar yang hidupnya tetap sederhana dan bersahaja. Keberadaanmu kami catat di halaman buku sejarah teater, film dan sinetron Indonesia dengan tinta emas," kata Bambang Oeban.

Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman merupakan kehendak bersama yang digelar sejumlah kelompok teater antara lain; Teater Jakarta Timur, Sanggar Humaniora, Sanggar Teater Jakarta, Kelompok Ngamen 78, Teater Kubur, Teater Polos, Teater Mantaka, Mata Art Community, Bengkel Creative Anak Indonesia (BCAI), dan grup teater lainnya.

Didukung juga sejumlah asosiasi kelompok teater, seperti IKATAMUR (Ikatan Teater Jakarta Timur), INDRAJA (Ikatan Drama Jakarta Barat), ITERA (Ikatan Teater Jakarta Utara), SINTESA (Simpul Interaksi Teater Selatan), dan Teater Atap Salihara. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA