Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masuk Usia 43 Tahun, Serial Captain Tsubasa akan Berakhir Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 06 Januari 2024, 13:46 WIB
Masuk Usia 43 Tahun, Serial Captain Tsubasa akan Berakhir Tahun Ini
Captain Tsubasa, karakter manga Jepang/Net
rmol news logo Kisah Captain Tsubasa, karakter manga Jepang yang bercerita tentang seorang ahli sepak bola, sangat digemari di seluruh dunia.

Kabar terbaru mengungkapkan bahwa, Yoichi Takahashi, pencipta manga tersebut, akan menyelesaikan serial ini sekaligus mengakhiri manga yang telah berusia 43 tahun tersebut.

Menurut keterangan penerbit Tokyo Shueisha pada Jumat (5/1), Takahashi akan menyelesaikan seri manga yang menampilkan karakter Tsubasa dalam edisi terakhir Majalah Captain Tsubasa Volume 20 yang akan dirilis pada awal April mendatang.

Takahashi, yang saat ini berusia 63 tahun mengatakan di platform media sosial X bahwa dia memiliki gambaran kasar tentang bagaimana kisah Kapten Tsubasa akan berakhir, tetapi dia mungkin membutuhkan waktu 40 tahun atau lebih untuk mewujudkan idenya dalam format manga dan dia merasa itu adalah tidak realistis.

“Saya sekarang berusia di atas 60 tahun dan tubuh saya pasti merasakan penuaan,” tulis Takahashi, seperti dikutip dari Kyodo News, Sabtu (6/1).

“Karena penurunan kekuatan fisik dan perubahan lingkungan menggambar yang disebabkan oleh gelombang digitalisasi baru-baru ini, kecepatan saya dalam menggambar manga melambat dibandingkan sebelumnya,” lanjutnya.

Episode pertama "Captain Tsubasa" dicetak di mingguan Shukan Shonen Jump pada tahun 1981, 12 tahun sebelum turnamen J-League profesional pertama di negara itu diluncurkan.

Dalam manga, Tsubasa bermain untuk klub lokal di Prefektur Shizuoka Jepang dan tim pemuda nasional sebelum bergabung dengan Barcelona FC dari Spanyol, salah satu klub paling populer di dunia.

Seri Tsubasa telah diadaptasi untuk anime dan game di lebih dari 50 negara dan wilayah. Anime ini dikenal di wilayah berbahasa Arab sebagai "Kapten Majid". Di Indonesia, manga tersebut populer sebagai serial televisi anak-anak.

Iniesta, mantan gelandang Barcelona, mengatakan dalam sebuah acara di Tokyo pada tahun 2019 bahwa dia melihat anime TV yang menampilkan Tsubasa sebelum pergi ke sekolah ketika dirinya masih muda dan terkesan dengan permainan khas pahlawan tersebut.  

Iniesta bermain untuk klub Jepang Vissel Kobe pada 2018 hingga 2023. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA