Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Sugiono: Isu Palestina Selalu di Garis Depan Diplomasi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 24 Oktober 2024, 16:10 WIB
Menlu Sugiono: Isu Palestina Selalu di Garis Depan Diplomasi Indonesia
Menteri Luar Negeri RI, Sugiono dan Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh bertemu di sela-sela KTT BRICS Rusia pada Rabu, 23 Oktober 2024/Kemlu RI
rmol news logo Menteri Luar Negeri RI, Sugiono menyampaikan kembali dukungan Indonesia terhadap Palestina selama pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh di sela-sela KTT BRICS Rusia pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI menegaskan bahwa komitmen Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina akan terus kuat. 

“Saya akan memastikan bahwa isu Palestina selalu berada di garis depan diplomasi Indonesia, dan kami akan terus berdiri tegak bersama rakyat Palestina," tegasnya. 

Menlu Sugiono menyebut sikap ini sejalan dengan komitmen Presiden RI Prabowo Subianto untuk mendukung Palestina yang disampaikan selama pelantikan di Istana Presiden pada 20 Oktober lalu. 

Lebih jauh, Menlu Sugiono menyampaikan tiga hal, yakni. 

Pertama, menekankan kembali dukungan politik untuk Palestina termasuk dengan terus  mendorong gencatan senjata permanen dan upaya-upaya perdamaian lainnya menuju Solusi Dua Negara.

Kedua, menegaskan kembali komitmen bantuan kemanusiaan RI kepada Palestina, baik secara bilateral, maupun melalui badan PBB seperti UNRWA dan ILO.

Ketiga, menegaskan pentingnya upaya kolektif untuk mendorong perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Menutup pertemuan, Menlu menyampaikan pertemuan BRICS ini harus dimanfaatkan untuk memperkuat kolaborasi sebagai kekuatan positif (positive force) untuk terus mengupayakan perdamaian di Palestina.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA