Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiongkok Sampaikan Ucapan Selamat ke Menlu Sugiono Usai Dilantik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 22 Oktober 2024, 10:06 WIB
Tiongkok Sampaikan Ucapan Selamat ke Menlu Sugiono Usai Dilantik
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Lin Jian dan Menlu RI, Sugiono/Net
rmol news logo Pemerintah Tiongkok mengucapkan selamat atas dilantiknya Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri RI periode 2024-2029. 

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Lin Jian mengatakan bahwa Menlu Wang Yi telah mengirim ucapan selamat tersebut kepada Menlu Sugiono. 

"Tiongkok mengucapkan selamat kepada Bapak Sugiono atas pelantikannya sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia," ujarnya dalam sebuah pernyataan pada Senin, 21 Oktober 2024. 

Jian menegaskan tujuan utama Tiongkok adalah mengembangkan hubungan persahabatan dengan Indonesia.

"Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Indonesia untuk mengikuti arahan strategis kedua presiden, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antara kedua kementerian luar negeri, dan mencapai kemajuan yang lebih besar dalam membangun komunitas Tiongkok-Indonesia dengan masa depan bersama," tambahnya. 

Menlu Sugiono sebelumnya mengungkap arah kebijakan luar negeri Indonesia yang akan dijalankan dalam lima tahun ke depan. 

Dalam sebuah pernyataan di kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 21 Oktober 2024, Sugiono mengatakan bahwa Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto akan fokus menjaga stabilitas hubungan bilateral baik antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

Menurutnya, dengan melakukan komunikasi terhadap dua kekuatan dunia itu akan memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia.

“Ya kami akan menjaga kedekatan. Sama-sama kami berharap jadi jembatan untuk bisa berkomunikasi dengan baik," ujar Sugiono.

Dikatakan Sugiono, kebijakan ini merepresentasikan cita-cita dari Presiden Prabowo yang ingin tetap berpegang teguh pada politik bebas aktif.

“Arahan Bapak Presiden adalah untuk tetap menjaga komunikasi yang baik dengan semua tetangga kita dan tentu saja upaya upaya untuk membantu saudara kita," kata dia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA