Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemampuan Teknologi Kapal Selam China Dipertanyakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 22 Oktober 2024, 01:47 WIB
Kemampuan Teknologi Kapal Selam China Dipertanyakan
Citra satelit di galangan kapal Shuangliu di Wuhan.
rmol news logo Kemampuan China dalam teknologi kapal selam sedang diperbincangkan setelah sebuah kapal selam nuklir mereka kembali tenggelam saat dalam proses pembuatan sekitar bulan Mei dan Juni lalu. Walau berusaha ditutupi pada akhirnya Beijing tidak dapat menyembunyikan kejadian ini.

Kapal selam itu disebutkan tenggelam di galangan kapal Shuangliu di Wuhan. Kecelakaan ini terungkap dari analisis yang dilakukan terhadap citra satelit yang dikumpulkan Departemen Pertahanan AS. 

Dalam sebuah laporan AP mengatakan mantan perwira kapal selam Angkatan Laut AS dan sekarang analis di Pusat Keamanan Amerika, Thomas Shugart, adalah orang pertama yang menyadari insiden yang melibatkan kapal selam tersebut pada bulan Juli.

Citra satelit menunjukkan apa yang tampak seperti kapal selam yang berlabuh di galangan kapal. Sebuah gambar yang diambil pada tanggal 15 Juni memperlihatkan kapal selam itu tenggelam seluruhnya atau sebagian di bawah permukaan sungai, dengan peralatan penyelamat dan derek mengelilinginya.

Sebuah gambar satelit yang diambil pada tanggal 25 Agustus memperlihatkan kapal selam itu kembali ke dermaga yang sama tempat kapal yang tenggelam itu berada. Masih belum jelas apakah kapal selam yang tenggelam itu telah diisi dengan bahan bakar nuklir atau apakah reaktor sedang beroperasi pada saat kecelakaan itu.

Ini bukan kecelakaan pertama yang diketahui dunia. Tahun lalu, tepatnya 21 Agustus, kapal selam kelas Shang tenggelam di Laut Kuning. Sebanyak 55 awak kapal tewas. Di antara mereka terdapat 22 perwira, tujuh kadet perwira, sembilan perwira rendahan, dan 17 pelaut. 

Rincian korban disebutkan samar karena China bahkan belum mengakui kecelakaan tersebut.

Ada laporan yang saling bertentangan tentang penyebab kecelakaan. Laporan di sejumlah media Inggris mengatakan kapal selam itu telah terjerat oleh rantai dan perangkap jangkarnya sendiri yang telah dipasang untuk menangkap kapal-kapal Barat yang mengintai di lepas pantai China di Laut Kuning. Kecelakaan itu menyebabkan sistem pembangkit oksigen kapal selam gagal; menimbulkan pertanyaan tentang kemanjuran sistem pembangkit oksigen di atas kapal selam China. Para awak telah mencoba untuk memperbaiki sistem tersebut tetapi akhirnya meninggal karena asfiksia.

Kemudian, media Taiwan melaporkan bahwa penyebab sebenarnya dari kecelakaan itu adalah masalah serius dengan torpedo di atas kapal selam yang sedang dalam misi untuk melakukan uji senjata bawah air. Sebuah torpedo meledak di tabung peluncur, menewaskan semua awak di dalamnya.

Menurut laporan Observer Research Foundation, Administrasi Keselamatan Maritim Liaoning telah mengeluarkan peringatan berulang kali untuk wilayah tempat bencana terjadi dari 20 Agustus hingga 8 Oktober. 

Menurut laporan ini, penyelidikan yang diluncurkan oleh Komisi Militer Pusat Tiongkok menyimpulkan bahwa ada masalah serius dengan desain pengendalian tembakan torpedo. Dugaan penipuan pengadaan dan korupsi tidak hanya di angkatan kapal selam tetapi juga di tingkat yang jauh lebih tinggi diselidiki.

Menteri Pertahanan Tiongkok saat itu, Li Shangfu, telah menghilang dari pandangan publik sejak Agustus 2023. Ia dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan pada Oktober 2023 dan dikeluarkan dari Partai Komunis Tiongkok pada Juni 2024.

Pihak berwenang Tiongkok belum memberikan penjelasan apa pun tentang nasib Li Shangfu.

"Li sedang diselidiki atas tanggung jawab dalam pengadaan persenjataan, termasuk untuk angkatan kapal selam," kata Shen Ming-Shih dari Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional di Taiwan dikutip Radio Free Asia.

Berita yang bahkan tidak dapat disembunyikan oleh otoritas Tiongkok yang keras kepala adalah kecelakaan pada tahun 2003 pada kapal selam diesel-listrik yang tenggelam dengan 70 pelaut di dalamnya. Semua yang diketahui tentang alasan bencana itu adalah bahwa ada masalah mekanis di dalam kapal selam tersebut.

Laporan ORF telah ringkas dalam penilaiannya tentang penyakit yang dihadapi oleh divisi kapal selam angkatan laut Tiongkok.

"PLAN (Tentara Pembebasan Rakyat-Angkatan Laut) tahu bahwa mereka harus bekerja keras; setidaknya di bidang peperangan bawah laut, di mana kesenjangan dengan Angkatan Laut AS cukup signifikan," katanya.

Bencana seperti itu "mengikis kredibilitas PLAN sebagai kekuatan proyeksi kekuatan. Kepemimpinan angkatan laut Tiongkok telah lama mengetahui pentingnya menopang defisit bawah laut. Namun, Tiongkok tidak pernah berhasil memperbaiki cacat pada kapal selam serang nuklirnya,” ujar Shen Ming-Shih lagi. rmol news logo article
 
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA