Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden China Xi Jinping Siap Jalin Komunikasi dengan Prabowo Subianto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 21 Oktober 2024, 08:59 WIB
Presiden China Xi Jinping Siap Jalin Komunikasi dengan Prabowo Subianto
Prabowo Subianto dan Xi Jinping/Dok.Reuters
rmol news logo Meskipun tidak menghadiri langsung, Presiden Tiongkok Xi Jinping tetap mengucapkan selamat atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia pada Minggu 20 Oktober 2024.

Menyinggung hubungan Tiongkok dan Indonesia, Xi mengatakan secara tradisional kedua negara adalah tetangga yang bersahabat. Ia menegaskan bahwa kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara telah tumbuh dengan mantap, memasuki era baru dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama.

"Tahun depan menandai peringatan 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Indonesia, yang akan memberikan peluang baru untuk memajukan kerja sama bilateral," kata Xi, seperti dimuat Xinhua.

Xi juga menyatakan kesediaannya untuk memelihara komunikasi strategis yang erat dengan Prabowo guna membimbing pembangunan komunitas Tiongkok-Indonesia dengan masa depan bersama ke tingkat yang lebih tinggi, dan menulis babak baru dalam mencari kekuatan melalui persatuan, mempromosikan solidaritas dan koordinasi, serta mencapai keuntungan bersama antara dua negara berkembang utama.

Tiongkok sendiri mengutus Wakil Presiden Han Zheng untuk menghadiri langsung pelantikan Prabowo dan wakilnya, Gibran Rakabuming Raka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA