Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Borrell: Kemitraan Strategis Uni Eropa-Maroko Bernilai Luar Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 15 Oktober 2024, 08:43 WIB
Borrell: Kemitraan Strategis Uni Eropa-Maroko Bernilai Luar Biasa
Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell/Net
rmol news logo Hubungan kerja sama yang dijalin Uni Eropa dan Maroko dalam beberapa tahun terakhir semakin erat dan berkembangan di berbagai bidang.

Hal itu disampaikan oleh Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell dalam sebuah konferensi pers di Luksemburg pada Senin, 14 Oktober 2024.

Pada kesempatan itu, Borrell menjelaskan bahwa kemitraan strategis yang dibangun Uni Eropa dan Maroko memiliki nilai yang luar biasa.

“Kami telah menjalin hubungan persahabatan dan kerja sama multifaset dengan Maroko, yang ingin kami jalin dan perkuat dalam beberapa bulan mendatang,” ujar Borrell.  

“Ke-27 negara ingin memperdalam kemitraan jangka panjang, erat, dan mendalam antara Maroko dan Uni Eropa,” kata dia lagi.

Borrel menambahkan bahwa pihaknya telah memperhatikan putusan Pengadilan Uni Eropa (ECJ) tentang perjanjian perikanan dan pertanian Uni Eropa-Maroko.

Terkait hal ini, Borrell menegaskan kembali isi deklarasi bersama dengan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, yang menegaskan kembali komitmen blok Eropa untuk lebih menjaga dan memperkuat hubungan dekat dengan Maroko di semua bidang, sejalan dengan prinsip “pacta sunt servanda”.

"Dengan kerja sama yang erat dengan Maroko, Uni Eropa ingin memperkuat hubungan ini dan menjaga kemitraan ini di semua bidang," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA