Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemimpin ASEAN Puji Kontribusi Jokowi Bangun Kerja Sama Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 09 Oktober 2024, 15:56 WIB
Pemimpin ASEAN Puji Kontribusi Jokowi Bangun Kerja Sama Kawasan
Foto bersama para pemimpin ASEAN di National Convention Centre (NCC), Vientiane, Rabu, 9 Oktober 2024/Ist
rmol news logo Meski tidak hadir secara langsung dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Laos, Presiden RI Joko Widodo memperoleh apresiasi yang membanggakan dari sejumlah pemimpin di organisasi kawasan tersebut. 

Karena kesibukan mempersiapkan pergantian kepemimpinan, Wakil Presiden (Wapres) RI, Maruf Amin menggantikan Jokowi untuk memimpin delegasi Indonesia di KTT ASEAN. 

Dalam pidatonya, Wapres menyampaikan salam perpisahan kepada para delegasi atas akan segera berakhirnya masa kepemerintahan Presiden Jokowi dan dirinya. 

"KTT kali ini merupakan KTT terakhir yang dihadiri oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Saya ingin menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang tidak dapat hadir di KTT ini karena berbagai urusan kenegaraan,” ujarnya di pembukaan KTT ASEAN ke-44 di National Convention Centre (NCC), Vientiane, Rabu, 9 Oktober 2024. 

Salam perpisahan tersebut mendapat tanggapan dari sejumlah pemimpin ASEAN lain, salah satunya Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh yang berharap Jokowi dapat terus berkontribusi terhadap ASEAN.

“Saya mengapresiasi Presiden Jokowi dan berharap Presiden Joko Widodo bisa berkontribusi pada ASEAN dalam kapasitas lain,” ujarnya.

Pada saat penutupan pertemuan, PM Laos H.E. Sonexay Siphandone turut mengapresiasi Pemerintahan Presiden Jokowi yang menurutnya telah memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan ASEAN.

“Atas nama Pemimpin ASEAN, saya mengucapkan selamat atas kontribusinya, khususnya menjadikan ASEAN relevansi dan mempromosikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan,” ungkapnya.

PM Sonexay pun mengajak para kepala negara untuk bersama memberikan tepuk tangan kepada Pemerintahan Jokowi sebagai apresiasi terhadap kerja sama kawasan yang telah berlangsung sampai dengan sekarang.

“Saya mengundang tepuk tanga kepada Presiden Joko Widodo atas kontribusinya pada komunitas ASEAN,” kata dia. 

Maruf tiba di Gedung National Convention Center (NCC) pada Selasa, 8 Oktober 2024, sekitar pukul 08.30 waktu setempat, bersama istrinya, Wury Maruf Amin.

Ia juga didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Beberapa kepala negara dan pejabat ASEAN yang menghadiri KTT ASEAN Ke-44 dan Ke-45 antara lain adalah Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Samdech Moha Borvor Thipadei Hun Manet, dan Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim.

Selain itu, hadir pula Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr, Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, dan Perdana Menteri Thailand Paetongtarn Shinawatra.

Delegasi lainnya mencakup Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Timor-Leste Xanana Gusmao, Presiden Korea Selatan Yoon Seok-Yeo, serta Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA