Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Absen di KTT ASEAN, Delegasi Indonesia Dipimpin Ma'ruf Amin

Laporan: Jelita Mawar Hapsari

Rabu, 09 Oktober 2024, 13:31 WIB
Jokowi Absen di KTT ASEAN, Delegasi Indonesia Dipimpin Ma'ruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin beserta rombongan tiba di Bandara Udara Internasional Wattay, Vientiane pada Selasa, 8 Oktober 2024/Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia
rmol news logo Delegasi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-44 dan ke-45 yang diselenggarakan di Vientiane, Laos, dipimpin oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Maruf Amin.

Mengutip Associated Press pada Rabu, 9 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo tidak bisa hadir dalam forum karena mempersiapkan transisi kepemimpinan ke penggantinya, Prabowo Subianto.

Alasan absennya Jokowi dikonfirmasi Maruf dalam pidato pembukaan KTT ASEAN di National Convention Center (NCC), Vientiane.

"Pertama-tama, saya ingin menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang tidak dapat hadir di KTT ini karena berbagai urusan kenegaraan yang harus diselesaikan menjelang berakhirnya masa pemerintahan pada 20 Oktober," ujarnya.

Maruf tiba di Gedung National Convention Center (NCC) pada Selasa, 8 Oktober 2024, sekitar pukul 08.30 waktu setempat, bersama istrinya, Wury Maruf Amin.

Ia juga didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Beberapa kepala negara dan pejabat ASEAN yang menghadiri KTT ASEAN Ke-44 dan Ke-45 antara lain adalah Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Samdech Moha Borvor Thipadei Hun Manet, dan Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim.

Selain itu, hadir pula Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr, Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, dan Perdana Menteri Thailand Paetongtarn Shinawatra.

Delegasi lainnya mencakup Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Timor-Leste Xanana Gusmao, Presiden Korea Selatan Yoon Seok-Yeo, serta Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn.

KTT ini mempertemukan para pemimpin penting untuk membahas isu-isu kawasan dan kerjasama di tingkat ASEAN.rmol news logo article

Penulis adalah Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang sedang magang di RMOL.id

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA