Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu RI Dorong Peningkatan Partisipasi Timor Leste di ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 08 Oktober 2024, 17:04 WIB
Menlu RI Dorong Peningkatan Partisipasi Timor Leste di ASEAN
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) di Vientiane, Laos pada Senin, 8 Oktober 2024/Kemlu RI
rmol news logo Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mendorong peningkatan partisipasi Timor Leste, sebagai bagian dari proses integrasi menjadi negara anggota resmi ASEAN. 

Hal itu Retno sampaikan selama pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) di Vientiane, Laos pada Senin, 8 Oktober 2024. Sehari jelang KTT ASEAN ke-44 dan ke-45. 

Pada kesempatan itu, Menlu menyampaikan dukungan  penuh Indonesia terhadap proses integrasi Timor Leste di ASEAN. Dia mengusulkan tiga poin penting berkaitan dengan proses keanggotaan Timor Leste. 

Pertama ialah perlunya pembentukan unit dukungan khusus untuk Timor-Leste di Sekretariat ASEAN, untuk mendukung berbagai milestones dari roadmap untuk integrasi Timor Leste. 

Kedua, pentingnya memfokuskan pada penguatan kapasitas institusional dan teknis, agar Timor-Leste dapat berperan aktif dalam proses Pembangunan Komunitas ASEAN di ketiga pilar. 

Ketiga, peningkatan partisipasi Timor-Leste dalam pertemuan ASEAN. 

“Saya rasa tiba saatnya Timor-Leste dilibatkan dalam diskusi substantif dan dalam pembentukan prioritas ASEAN,” ujar Menlu Retno.

Menutup pidatonya, Menlu Retno kembali menyampaikan apresiasi terhadap Keketuaan Laos di ASEAN yang telah turut menjaga kontinuitas kerja ASEAN, serta menegaskan dukungan Indonesia terhadap Keketuaan Malaysia di ASEAN tahun depan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA