Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JK dan Menlu Retno Raih Anugerah Pejuang Perdamaian dan Diplomasi MUI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 03 Oktober 2024, 14:28 WIB
JK dan Menlu Retno Raih Anugerah Pejuang Perdamaian dan Diplomasi MUI
Foto bersama Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di acara penganugerahan Peace Mujahid and Diplomacy Mujahidah Awards di Hotel Grand Shahid, Jakarta pada Kamis, 3 Oktober 2024/RMOL
rmol news logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) berinisiatif memberikan penghargaan kepada Wakil Presiden RI ke-10, ke-12 Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi atas kontribusi dan konsistensinya memperjuangkan perdamaian dunia.

Upacara penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di Hotel Grand Shahid, Jakarta pada Kamis (3/10).

Dalam pidatonya Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim mengumumkan bahwa Mantan Wapres RI memperoleh Peace Mujahid Awards, sementara Menlu Retno dianugerahi Diplomacy Mujahidah Awards.

"Bapak Jusuf Kalla adalah Mujahid dan ibu Retno Marsudi adalah Mujahidah yang melakukan tugas-tugas amar maruf nahi munkar, bidang diplomasi dan perdamaian dunia," ujarnya.

Menurut Sudarnoto, MUI yakin bahwa kiprah JK dan Menlu Retno telah memberikan dampak bagi Indonesia dan komunitas internasional. Keduanya tidak berhenti merakit asa diplomatik untuk dunia yang damai, sejahtera, berkeadaban di bawah lindungan Allah.

"Karena itulah MUI berketetapan memberikan penghargaan sebagai rasa syukur dan apresiasi tinggi atas jasa mereka yang konkrit," tambahnya.

Mengenakan blouse putih dan turban hitam, Menlu RI sambil tersenyum menerima penghargaan yang diberikan oleh Ketua Umum MUI, Anwar Iskandar.

Menlu dalam pidatonya menegaskan bahwa penghargaan tersebut merupakan pengingat bahwa perjuangan untuk Palestina adalah perjuangan bersama.

"Tentunya merupakan kehormatan bagi saya untuk menerima awards ini dan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Majelis Ulama Indonesia. It is really an honor for me to receive this award," ujarnya.

Menlu menegaskan bahwa Indonesia akan terus mendukung Palestina hingga mencapai kemerdekaannya.

"Indonesia termasuk di garis depan dalam membela perjuangan bangsa Palestina. Diplomasi Indonesia memilih untuk berpihak membela keadilan dan kemanusiaan, membela yang benar, against all odds," tegas Retno.

Sementara itu, JK yang juga memperoleh penghargaan dari MUI menyampaikan ucapan terima kasih. Sebab pencapaian tersebut diraih atas upaya seluruh rakyat Indonesia.  

"Saya menyampaikan terimakasih kepada MUI yang telah memberikan penghargaan kepada kami atas upaya-upaya kita semua. Itu tidak terlepas dari doa seluruh masyarakat Indonesia," kata dia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA