Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

90 Warga AS Tewas Dihantam Badai Helene

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 30 September 2024, 11:37 WIB
90 Warga AS Tewas Dihantam Badai Helene
Tim penyelamat mengangkut warga di Boone, North Carolina, AS, pada 27 September 2024/Reuters
rmol news logo Angin, hujan, dan gelombang air laut yang dibawa badai Helene menewaskan sedikitnya 90 orang di North Carolina, South Carolina, Georgia, Florida, Tennessee, dan Virginia pada Minggu waktu setempat (29/9).

Dengan menara telepon seluler yang roboh di seluruh wilayah, ratusan orang belum bisa menghubungi orang yang mereka cintai dan banyak yang dilaporkan menghilang.

Menurut perusahaan asuransi perkiraan kerugian akibat badai Helene berkisar antara 15 miliar dolar AS hingga lebih dari 100 miliar dolar AS.

Di North Carolina, hampir semua kematian terjadi di Buncombe County, tempat 30 orang meninggal, kata Sheriff Quentin Miller dalam panggilan konferensi video dengan wartawan.

Manajer Daerah Avril Pinder mengatakan dia meminta bantuan makanan dan air minum darurat kepada negara bagian. Jalan-jalan di kota Asheville yang indah terendam banjir.

Gubernur Carolina Utara, Roy Cooper mengatakan bahwa bencana itu terbesar dalam sejarah dan kini tim sar dari 19 negara bagian berkumpul di sana.

"Orang-orang yang saya ajak bicara di Carolina Utara bagian barat mengatakan mereka belum pernah melihat hal seperti ini," ujarnya, seperti dimuat CNN.

Di Flat Rock, Carolina Utara, terjadi pemadaman listrik yang meluas, dan orang-orang mengantri berjam-jam untuk mendapatkan bensin.

"Toko kelontong tutup, layanan telepon seluler mati," kata Chip Frank yang sudah tiga jam mengantri di pom bensin.

Carolina Selatan melaporkan 25 orang tewas, Georgia 17 orang tewas, dan Florida 11 orang tewas, menurut gubernur negara bagian tersebut.

Presiden Joe Biden berencana untuk mengunjungi daerah yang terkena dampak minggu ini, setelah ia dapat melakukannya tanpa mengganggu layanan darurat, kata Gedung Putih.

"Ini tragis," kata Biden pada Minggu (29/9) seraya menjanjikan bantuan pemulihan setelah mengumumkan bencana besar di Florida dan Carolina Utara serta keadaan darurat untuk Florida, Carolina Utara, Tennessee, Carolina Selatan, Georgia, Virginia, dan Alabama.

Helene menghantam Pantai Teluk Florida pada Kamis malam (26/9) memicu hujan lebat selama berhari-hari dan menghancurkan rumah-rumah yang telah berdiri selama beberapa dekade.

Di pesisir Steinhatchee, gelombang air laut yang didorong ke daratan oleh angin setinggi delapan hingga 2,4 hingga 3 meter hingga menghanyutkan mobil-mobil yang dilaluinya.

Daerah lain mengalami gelombang badai setinggi 4,5 meter.

Air menyapu Bendungan Danau Lure di Rutherford County, dan orang-orang di dalam dan sekitar Chimney Rock menggambarkan pusat kota desa itu telah tenggelam.

Gambar-gambar menunjukkan lumpur dan sedimen yang terkumpul, pohon-pohon tumbang dan tiang-tiang telepon patah, dan bangunan-bangunan berubah menjadi puing-puing.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA