Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tahun Lalu di India, 1 Miliarder Lahir Setiap Lima Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Rabu, 04 September 2024, 12:45 WIB
Tahun Lalu di India, 1 Miliarder Lahir Setiap Lima Hari
Industrialis Gautam Adani, orang terkaya di India.
rmol news logo India merupakan rumah bagi 334 miliarder. Menurut Hurun India Rich List 2024, dibandingkan tahun lalu, jumlah miliarder India tahun ini 75 miliarder lebih banyak dari tahun lalu. Ini berarti, sepanjang tahun lalu setiap lima hari lahir satu miliarder baru di India. 

Total kekayaan 334 miliarder India adalah Rs 159 lakh crore, yang lebih dari setengah PDB India. 1.539 orang di India sekarang memiliki kekayaan Rs 1.000 crore atau lebih, dengan 272 pendatang baru dalam daftar tersebut.

Industrialis Gautam Adani dan keluarganya telah mengamankan posisi teratas dalam Hurun India Rich List 2024, dengan kekayaan mereka senilai Rs 11,6 lakh crore. Keluarga Ambani telah mengamankan peringkat kedua, dengan kekayaan bersih Rs 10 lakh crore (sekitar). Superstar Bollywood Shah Rukh Khan juga masuk dalam daftar tersebut, dengan kekayaannya sebesar Rs 7.300 crore.

Dengan peningkatan jumlah miliarder di negara tersebut, India kini menjadi rumah bagi jumlah miliarder terbesar di Asia, dengan kota metropolitan ini menyalip Beijing untuk menjadi 'ibu kota miliarder Asia' tahun ini. Baca terus untuk mengetahui yang mana.

Mumbai adalah ibu kota miliarder Asia dengan 92 miliarder, lebih banyak dari Beijing yang hanya 91. Ibu kota keuangan India tersebut menambah 26 miliarder baru tahun lalu, sementara Beijing kehilangan 18 miliarder selama periode yang sama.

Secara global, Mumbai berada di peringkat ketiga dalam hal total populasi miliarder, hanya di belakang New York (119) dan London (97). Mumbai diikuti oleh Delhi dengan 68 miliarder. Di posisi ketiga adalah pusat TI India, Bengaluru, dengan 27 miliarder. Melengkapi lima besar adalah New Delhi dengan 18 miliarder dan Chennai dengan 16.

Di antara kota-kota lain dalam 10 besar adalah Ahmedabad (14), Kolkata (12), Pune (11), Surat (2) dan Gurugram (2).

Secara keseluruhan, total 386 orang dari Mumbai masuk dalam Daftar Orang Terkaya Hurun India 2024.

Aktor Bollywood Tajir

Lima selebritas Bollywood berhasil masuk dalam Daftar Orang Terkaya Hurun India 2024. Puncak daftar adalah Shah Rukh Khan, dengan perkiraan kekayaan sebesar Rs 7.300 crore. Hurun telah mengaitkan dua usaha bisnis SRK sebagai sumber pendapatan utamanya — tim IPL Kolkata Knight Riders, dan rumah produksi Red Chillies Entertainment.

Setelah bintang Dunki dalam daftar adalah mitra bisnisnya dan salah satu pendiri KKR Juhi Chawla, dengan kekayaan bersih sebesar Rs 4.600 crore. Hrithik Roshan menempati posisi ketiga dengan kekayaan Rs 2.000 crore, diikuti oleh keluarga Bachchan (Rs 1.600 crore) dan sutradara-produser film Karan Johar (Rs 1.400 crore). rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA