Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Forum Bisnis INA-LAC 2024 Bakal Digelar di Peru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 Agustus 2024, 17:49 WIB
Forum Bisnis INA-LAC 2024 Bakal Digelar di Peru
Poster INA-LAC 2024/Kemlu RI
rmol news logo Kementerian Luar Negeri RI bekerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) akan kembali menggelar Forum Bisnis Indonesia - Latin America and the Caribbean (INA-LAC) yang ke-6.
HUT 79 RI

Dalam jumpa pers di Jakarta pada Selasa (27/8), Direktur Jenderal Amerika dan Eropa (Amerop) Kemlu RI, Umar Hadi menyebut INA-LAC tahun ini akan diselenggarakan mulai tanggal 11 hingga 13 September 2024, bertempat di Lima, Peru.

Dipaparkan Umar terdapat sejumlah program yang akan dilaksanakan selama INA-LAC 2024 yakni Business Matching, Business Pitching, Pameran Produk, INA-LAC Business Network, Society Network, CEO Talks, festival budaya hingga kuliner.

Umar menjelaskan bahwa telah ada 48 perusahaan dari Amerika Latin dan Karibia yang mengonfirmasi kehadirannya dalam forum bisnis INA-LAC di Peru.

"Perusahaan dari latin Amerika yang terkonfirmasi 48 perusahaan. Di Amerika Latin meski bertetangga ada halangan tidak bisa berkunjung karena alasan politik," ungkapnya.

Menurut Umar, forum ini penting guna memberikan kesempatan bagi pengusaha Indonesia memperluas pasarnya ke Amerika Latin dan Karibia.

"Penting CEO saling mengenal dan tukar pikiran mengenai prospek yang bisa dirambah. Banyak ide-ide baru, seperti renewable energy, IT, siber dan lainnya," papar Umar merujuk pada salah satu program di INA-LAC 2024 yakni CEO Talk.

Sementara itu, Ketua Komite Amerika Tengah, Kuba dan CARICOM KADIN, Prasetyo Singgih mengatakan bahwa pihaknya akan mengirim 15 perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran bisnis INA-LAC 2024.

"Kita memanfaatkan timing itu untuk menggelar INA-LAC, dimana kita akan memberangkatkan 15 orang pengusaha dari KADIN dan memamerkan lebih banyak produk," kata dia.

Ini merupakan pertama kalinya INA-LAC diselenggarakan di Lima, Peru. Sebab sejak 2019 sampai 2023 forum bisnis Indonesia dan mitra dari Amerika Latin-Karibia itu diadakan di Jakarta.

Menurut Prasetyo alasan Peru dipilih sebagai tuan rumah INA-LAC 2024 ialah karena negara itu tengah menjadi sorotan dunia internasional, terlebih tahun ini Lima juga menjadi tuan rumah Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

"Pada tahun ini APEC diadakan di Peru, maka Amerika Latin ini menjadi fokus dunia pada saat ini. Jadi rencana kunjungan kami ke negara-negara ini menjadi sangat tepat waktu," jelasnya.

Prasetyo mengungkap, selain mengikuti INA-LAC, KADIN juga menggelar acara roadshow ke berbagai negara Amerika beberapa hari sebelum maupun sesudah kegiatan di Peru.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA