Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelajar India Mencatat Prestasi Gemilang di Olimpiade Sains

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Sabtu, 03 Agustus 2024, 00:43 WIB
Pelajar India Mencatat Prestasi Gemilang di Olimpiade Sains
Pelajar India memenangkan salah satu olimpiade sains./NDTV
rmol news logo Sepanjang bulan Juli lalu kontingen pelajar India mencatat prestasi gemilang dalam sejumlah olimpiade sains internasional. Pretasi ini menjelaskan pondasi yang kuat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi India hingga mencapai taraf seperti sekarang ini. 

Di awal Juli lalu, pelajar-pelajar India mengikuti Olimpiade Biologi Internasional ke-35 di Astana, ibu kota Kazakhstan, dan berhasil mengantongi satu emas atas nama Vedant Sakre dari Mumbai, serta tiga perak masing-masing atas nama Ishan Pednekar dari Ratnagiri, Shrijith Sivakumar dari Chennai, dan Yashaswi Kumar dari Bareilly.

Kemudian pada pertengahan Juli, tim pelajar India mengukuti Olimpiade Matematika Internasional ke-65 di Bath, Inggris Raya. Dalam pertandingan, tim pelajar India mengantongi empat medali emas atas nama Adhitya M. V. Ganesh dari Pune, Kanav Talwar dari Greater Noida, Rushil Mathur dari Mumbai, dan Anando Bhadur dari Guwahati. 

Selain itu Arjun Gupta dari Delhi memperoleh medali perak dan Siddharth Choppara dari Pune memperoleh penghargaan Honourable Mention.

Terakhir, pada Olimpiade Kimia Internasional ke-56 yang diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi, akhir Juli, kontingen India memperoleh medali emas atas nama Devesh P. Bhaiya dari Jalgaon, dan dua medali perak atas nama Avaneesh Bansal dari Mumbai dan Harshin Posina dari Hyderabad. Seorang pelajar lainnya, Kashyap Khandelwal dari Mumbai, memperoleh medali perunggu.

Para pelajar yang mencatatkan prestasi gemilang ini diasuh Homi Bhabha Centre for Science Education (HBCSE) dari Tata Institute of Fundamental Research (TIFR) yang merupakan lembaga utama untuk penelitian dan pengembangan dalam pendidikan sains, teknologi, dan matematika.

HBCSE juga merupakan pusat program Olimpiade India dalam bidang matematika, fisika, kimia, biologi, astronomi, dan sains junior yang menarik partisipasi siswa dari seluruh negeri. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA