Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Quad Kecam Intimidasi China di LCS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 29 Juli 2024, 17:02 WIB
Menlu Quad Kecam Intimidasi China di LCS
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong, Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar, dan Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa berpose saat menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Quad di Iikura Guest House di Tokyo, Jepang, pada Senin 29 Juli 2024/Reuters
rmol news logo Para menteri luar negeri organisasi Quad yang terdiri dari Australia, India, Jepang dan Amerika Serikat melangsungkan pertemuan di Tokyo pada Senin (29/7).

Dalam pernyataan bersama, Quad menyoroti kekhawatiran mereka terhadap intimidasi China yang semakin berbahaya di Laut China Selatan (LCS).

Quad menentang segala bentuk intervensi militer sepihak di kawasan maritim yang bebas dan terbuka tersebut.

"Kami sangat khawatir tentang situasi di Laut Cina Timur dan Selatan dan menegaskan kembali penentangan keras kami terhadap tindakan sepihak apa pun yang berupaya mengubah status quo dengan kekerasan atau paksaan," bunyi pernyataan tersebut, seperti dimuat Reuters.

Kumpulan negara itu mengaku tengah mengerjakan serangkaian inisiatif untuk meningkatkan keamanan di LCS.

Para menteri Quad juga berjanji untuk memajukan kerja sama dalam keamanan siber untuk melindungi rantai pasokan dan infrastruktur penting, termasuk kabel bawah laut.

Dalam beberapa bulan terakhir, kapal-kapal China telah berulang kali bentrok dengan Filipina yang berusaha memasok persediaan di Second Thomas Shoal yang disengketakan.

Meskipun kedua negara pada bulan Juli mencapai kesepakatan sementara yang bertujuan untuk meredakan ketegangan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA