Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebulan Lebih Terjebak di Ruang Angkasa, Wilmore dan Williams Belum Pasti Kapan Kembali ke Bumi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 Juli 2024, 08:07 WIB
Sebulan Lebih Terjebak di Ruang Angkasa, Wilmore dan Williams Belum Pasti Kapan Kembali ke Bumi
Astronot Suni Williams, kiri, dan Butch Wilmore, kanan, memberikan konferensi pers di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 10 Juli 2024/Foto: CFP
rmol news logo Dua astronot NASA, Butch Wilmore dan Sunita Williams, yang terjebak selama lebih dari 30 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dipastikan belum bisa kembali ke Bumi.

Pihak terkait mengatakan bahwa keduanya akan tetap berada di ISS sampai para teknisi selesai memperbaiki masalah yang mengganggu kapsul Boeing mereka.

Wilmore dan Williams pertama kali berangkat ke stasiun tersebut pada awal Juni, dalam misi uji coba yang seharusnya berlangsung sekitar satu minggu. Namun, kegagalan pendorong dan kebocoran helium pada kapsul Starliner baru milik Boeing, membuat NASA dan Boeing menahan mereka lebih lama. 

Manajer program kru komersial NASA, Steve Stich, mengatakan manajer misi belum siap mengumumkan tanggal kembali kedua astornot itu. Ia mengatakan tujuannya adalah untuk membawa Wilmore dan Williams kembali ke Starliner.

Stich mengakui bahwa opsi cadangan sedang ditinjau. Kapsul Dragon milik SpaceX adalah cara lain untuk mengangkut astronot NASA ke dan dari stasiun luar angkasa.

“Empat dari lima mesin pendorong yang sebelumnya dimatikan kini beroperasi normal. Ini berarti hanya satu dari 27 pendorong yang sedang offline. Hal ini tidak menimbulkan masalah bagi misi kepulangan,” katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA