Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jet Tempur Israel Serang Pelabuhan Hodeidah Yaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 21 Juli 2024, 09:14 WIB
Jet Tempur Israel Serang Pelabuhan Hodeidah Yaman
Sebuah gambar yang dirilis media Houthi menunjukkan kobaran api meletus di kota pelabuhan Hodeidah pada Sabtu, 20 Juli 2024/Net
rmol news logo Sebagai balasan, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melancarkan serangan udara ke situs-situs pertahanan Houthi Yaman pada Sabtu (20/7).

Dalam sebuah postingan di platform X, IDF mengumumkan keberhasilan mereka mengebom Kota Pelabuhan Hodeidah di Yaman dengan jet tempur.

Disebutkan bahwa serangan dilakukan untuk membalas ratusan serangan Houthi terhadap Israel selama perang Gaza.

"Beberapa waktu lalu, jet tempur IDF menyerang sasaran militer rezim teroris Houthi di kawasan Pelabuhan Hodeidah di Yaman sebagai respons atas ratusan serangan yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir," bunyi postingan tersebut.

Televisi Al Masirah yang dikelola Houthi melaporkan serangan udara yang menargetkan fasilitas minyak di pelabuhan barat Hodeidah.

Juru bicara Houthi Mohammed Abdulsalam mengatakan serangan Israel mengenai sasaran sipil, tangki minyak, dan pembangkit listrik.

"Serangan itu bertujuan untuk meningkatkan penderitaan rakyat Yaman dan menekannya untuk berhenti mendukung Gaza," ujarnya.

Lebih lanjut dilaporkan bahwa ada korban jiwa dan cedera dalam serangan itu.

Serangan Israel terjadi sehari setelah Houthi melakukan serangan pesawat tak berawak di Tel Aviv, yang merenggut nyawa satu orang dan melukai sedikitnya 10 lainnya.

Kelompok Houthi mengatakan serangan pesawat tak berawak di Tel Aviv dilakukan sebagai respons terhadap perang Israel di Gaza.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan bahwa darah warga Israel ada harganya dan jika mereka diserang akibatnya akan sama dengan apa yang terjadi di Lebanon dan Gaza.

“Api yang saat ini berkobar di Hodeidah terlihat di seluruh Timur Tengah dan signifikansinya jelas. Pertama kali mereka menyakiti warga negara Israel, kami menyerang balik mereka," tegas Gallant.

Houthi secara rutin menargetkan Israel dengan drone dan rudal sejak perang Gaza dimulai Oktober lalu.

IDF telah mencegat sebagian besar serangan drone dan rudal yang dilakukan oleh pemberontak Yaman. Mereka juga menyerang sasaran Amerika Serikat dan kapal komersial berafiliasi Israel di Laut Merah.

Menanggapi serangan terhadap pelayaran, AS dan Inggris telah melakukan serangan terhadap sasaran Houthi di Yaman.

Ini adalah pertama kalinya Israel menyerang Yaman secara langsung.

Israel sebelumnya membiarkan AS dan Inggris memimpin dalam menanggapi serangan Houthi. Namun kali ini Israel membalas akibat tewasnya seorang warga Israel di Tel Aviv.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA