Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kisah Pejuang Tunanetra Kashmir Ikut Festival Film di Kerala

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Sabtu, 20 Juli 2024, 01:35 WIB
Kisah Pejuang Tunanetra Kashmir Ikut Festival Film di Kerala
Pejuang hak kaum tunanetra dan penerima penghargaan Padma Shri, Jawahar Lal Kaul.
rmol news logo Film karya produser Kashmir, Bilal A Jan, yang berjudul “JL Kaul A Man of Action” terpilih untuk menguikuti Festival Film Dokumenter Internasional Kerala (IDSFFK) ke-16 2024 yang akan diselenggarakan Festival ini akan diadakan pada 26 Juli hingga 31 Juli di Kerala.

Film dokumenter berdurasi 30 menit ini didasarkan pada kehidupan seorang pekerja sosial terkenal dan penerima penghargaan Padma Shri, Jawahar Lal Kaul. Sebagai seorang penyandang tunanetra, Kaul bekerja jeras memperjuangkan nasib dirinya dan masyarakatnya.

Kaul adalah pendiri All India Conference of the Blind, sebuah LSM yang bekerja untuk rehabilitasi orang buta. Ia dianugerahi penghargaan sipil tertinggi keempat pada tahun 2014 atas jasanya di bidang pekerjaan sosial.

Pada tahun 2018, film dokumenter karya Jan lainnya, “Daughters of Paradise” terpilih untuk bagian kompetisi dokumenter pendek di Festival Film Pendek dan Dokumenter Internasional ke-11 di Kerala.

Pada tahun 2008, film dokumenternya yang lain, “The Lost Childhood” yang menggunakan bahasa Kashmir, terpilih untuk Festival Film Pendek Internasional Teheran di bagian kompetisi dan Festival Film Internasional Mumbai (MIFF) ke-10. Pada tahun 2010, film tersebut memenangkan Penghargaan Nina Sugati SR untuk “Sutradara Terbaik” dalam seni konseptual di bioskop.

Jan telah bekerja dengan Shyam Benegal dan Vidhu Vinod Chopra dalam film mereka, termasuk "Mission Kashmir", "Netaji", dan "The Forgotten Hero". rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA