Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pottinger: Tekanan Tiongkok pada Filipina Latihan untuk Menundukkan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 05 Juli 2024, 10:20 WIB
Pottinger: Tekanan Tiongkok pada Filipina Latihan untuk Menundukkan Taiwan
Tiongkok dan Filipina telah berulang kali bentrok di Laut Cina Selatan, dengan bentrokan terbaru bulan lalu antara angkatan laut Filipina dan penjaga pantai Tiongkok./Xinhua
rmol news logo Tiongkok diduga menggunakan perselisihan dengan Filipina di Laut China Selatan sebagai “latihan” untuk menyerang Taiwan. Pemerintah AS disarankan untuk memberikan bantuan militer kepada Filipina yang sedang berhadap-hadapan dengan Tiongkok di Second Thomas Shoal.

Demikian disampaikan Matthew Pottinger yang merupakan penasihat utama Asia di Dewan Keamanan Nasional pada masa Presiden Donald Trump.

Dalam bentrokan baru-baru ini antara kapal Tiongkok dan Filipina di dekat perairan dangkal tersebut, Beijing telah bertindak menggunakan “impunitas”.

“Mengapa Beijing menargetkan pulau kecil ini? Ini terutama tentang upaya mendiskreditkan Amerika Serikat. Ini adalah gladi bersih untuk Taiwan,” ujar Potinger.

“Mereka melakukan hal ini pada contoh kecil Taiwan, yaitu pulau kecil ini … yang dengan sendirinya bukan merupakan tempat yang penting dan penting secara geo-strategis,” katanya.

Dia menambahkan Beijing berusaha menunjukkan bahwa mereka dapat memblokade, menciptakan rasa sia-sia dan mendiskreditkan gagasan bahwa Amerika Serikat tidak hanya akan membantu Filipina tetapi juga Taiwan.

Manila dan Beijing telah terlibat dalam pertikaian teritorial selama berbulan-bulan di Laut China Selatan, dengan bentrokan terbaru bulan lalu antara AL Filipina dan penjaga pantai Tiongkok (CCG). Perkelahian tersebut menyebabkan beberapa warga Filipina terluka, termasuk seorang pelaut yang kehilangan satu jari.
Kapal Tiongkok dan Filipina bentrok dalam insiden pertama berdasarkan undang-undang penjaga pantai baru Beijing

Pasukan Filipina sedang menjalankan misi pasokan ke BRP Sierra Madre, sebuah kapal Perang Dunia II yang sengaja dikandangkan di Second Thomas Shoal pada tahun 1999 dan diduduki oleh pasukan rekan mereka. Titik konflik ini dikenal di Manila sebagai Ayungin Shoal; Beijing menyebutnya Renai Jiao. Kedua belah pihak mengklaim wilayah tersebut adalah bagian dari wilayah maritim mereka.

Ketika diminta untuk menanggapi komentar Pottinger, Liu Pengyu, juru bicara kedutaan besar Beijing di Washington mengatakan Manila “melanggar hak-hak Tiongkok dan melakukan provokasi yang disengaja” dan bahwa AS “tidak boleh mengeksploitasi masalah ini untuk menabur perselisihan, apalagi melakukan intervensi”.

“Menyelesaikan masalah Taiwan adalah urusan Tiongkok sendiri,” tambah Liu seperti dikutip dari South China Morning Post.

“Itu akan diputuskan oleh Tiongkok dan tidak boleh ada campur tangan asing. Personel terkait harus berhenti membesar-besarkan pertanyaan tentang Taiwan dalam berbagai kesempatan dan berhenti menciptakan ketegangan dan memprovokasi konfrontasi.”

Pertempuran di sekitar perairan dangkalan tersebut telah memicu perdebatan tentang apa yang akan memicu keterlibatan militer AS sehubungan dengan perjanjian pertahanan antara Manila dan Washington, satu dari lima perjanjian pertahanan yang dimiliki AS di Indo-Pasifik. Negara lainnya bersama Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan Australia.

Pottinger, yang selama ini vokal mengenai perlunya tindakan yang lebih keras terhadap Tiongkok di Indo-Pasifik secara militer, mengatakan perselisihan tersebut harus memicu respons perjanjian pertahanan bersama, namun ia menyertakan beberapa kualifikasi.

Hal ini hanya boleh terjadi jika Presiden Ferdinand Marcos Jr. dalam diskusi dengan Presiden Biden, memutuskan bahwa itu adalah jalan terbaik”, katanya.

Beralih ke diplomasi dengan Tiongkok, Pottinger memuji upaya pemerintahan Biden untuk meningkatkan dialog keamanan “Quad” antara Australia, India, Jepang, dan Amerika Serikat ke tingkat pemimpin, setelah pemerintahan Trump menghidupkan kembali kelompok tersebut dan mengadakan pertemuan di tingkat menteri.

Namun Pottinger kurang memuji upaya Biden untuk terlibat secara diplomatis dengan Beijing, dengan menggunakan pembicaraan bilateral awal mengenai penggunaan kecerdasan buatan dalam mengelola dan mengerahkan senjata nuklir.

Diselenggarakan di Jenewa, Swiss, pada bulan Mei, Pottinger berpendapat bahwa “pembicaraan tersebut tidak ditanggapi dengan serius oleh pihak Tiongkok”. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA