Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pameran Lukisan ASEAN-India Tampilkan Semangat Kerjasama dan Persahabatan Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 02 Juli 2024, 09:03 WIB
rmol news logo Misi India di ASEAN bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI menggelar acara pembukaan pameran lukisan ASEAN-India Artists’ Camp Exhibition 2024 di Gallery Emiria Soenassa, Senin malam (1/7).

Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N. Khobragade mengungkap 20 lukisan yang ditampilkan dalam pameran tersebut merupakan hasil karya para pelukis dari negara-negara ASEAN dan India yang dikumpulkan dalam satu camp seni di Udaipur pada tahun 2022 lalu.

"Anda bisa lihat di sini ada 20 lukisan yang dihasilkan dari ASEAN-India Artists' Camp dalam rangka memperingati 30 tahun hubungan India-ASEAN. Kami datangkan para pelukis dari berbagai negara anggota ASEAN dan India. Mereka mengikuti kamp untuk berkolaborasi menghasilkan karya yang merepresentasikan kerjasama India-ASEAN," ungkapnya kepada RMOL.

Dubes menunjukkan kepada redaksi salah satu lukisan yang ia sukai. Lukisan berjudul "Diving into Creativity" karya seorang perempuan Filipina bernama Melisa Abuga-a tersebut memperlihatkan seorang wanita India yang tampak berdiri tegak dengan pakaian tradisional di antara gelombang air.

"Salah satunya lukisan yang saya suka yakni buatan warga Filipina. Dia warga Filipina tetapi melukiskan sosok perempuan Rajasthan, kemudian ada elemen air, samudera dan warna biru, merah serta kuning yang merepresentasikan ASEAN," ungkapnya.

Dia berharap ASEAN-India Artists’ Camp Exhibition 2024 mampu menjadi program yang semakin mempererat kerjasama dan persahabatan di antara negara anggota ASEAN-INDIA.

"Kita berharap melalui pameran seni ini persahabatan India dan ASEAN yang sudah terjalin selama ini semakin kuat, karena kita bertetangga dekat dan kerjasama mutlak diperlukan," kata Dubes.

Kepala Bidang Pelestarian Budaya Wilayah III Kemendikbud Ristek RI, Lita Rahmiaty dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kolaborasi dan gelaran pameran tersebut. Dia berharap kerjasama semua pihak bidang kebudayaan terus dibina di tahun-tahun mendatang.  
 
"Kami berharap melalui kolaborasi antar bangsa melalui misi kebudayaan, kita akan terus memelihara dan mengembangkan ekosistem seni dan budaya antara ASEAN dan India serta India dan Indonesia," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Produser Film Indonesia Raam Punjabi dan istrinya Rakhee Punjabi. Sebagai pegiat seni, Ram berharap acara pameran kolaborasi pelukis ASEAN-India dapat lebih sering dilakukan.

"Selamat atas pamerannya. Semua yang terbaik. Sukses besar bagi penyelenggara dan seluruh mitra ASEAN, India. Saya berharap pameran ini diadakan lebih dari sekali dalam setahun," kata Ram.

Sementara itu, Dubes Malaysia untuk ASEAN, Sarah Nava Rani Al Bakri yang hadir dalam pameran tersebut menilai pameran lukisan merupakan cara yang baik untuk menunjukkan interaksi dan keberagaman ASEAN-India dan juga pentingnya kebudayaan.

"Pameran ini bagus. Jika ada peluang saya harap bisa diadakan keliling ASEAN. Ini adalah cara untuk menunjukkan karya anak muda dan keberagaman," ungkapnya kepada RMOL.

Dia menyoroti warga-warna yang digunakan pelukis dan unsur-unsur yang ditampilkan merepresentasikan baik ASEAN maupun India.

"Jadi warna-warna yang digunakan memang persis dengan kreativitas khas ASEAN dan India. Di mana warna yang diperlihatkan kebanyakan terang. Banyak aspek-aspek alami yang digunakan yang sama, seperti laut, tanaman," jelasnya.

Untuk menandai dibukanya pameran lukisan tersebut, Dubes India untuk ASEAN Jayant N. Khobragade, perwakilan Kemendikbud Ristek RI, Raam Punjabi dan Rakhee Punjabi serta Dubes India untuk Indonesia Shri Sandeep Chakravorty menyalakan lilin dan memotong pita merah secara bersamaan.

Acara dilanjutkan dengan berkeliling area pameran, para tamu undangan sangat terpukau dengan karya-karya dari pelukis India dan ASEAN tersebut. Sambil mengamati keindahan karya seni, para tamu dipersilakan mencicipi masakan dan cemilan khas India.

Setelah resmi dibuka, ASEAN-India Artists’ Camp Exhibition 2024 terbuka untuk umum dan gratis mulai tanggal 2 hingga 14 Juli mendatang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA