Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PEMILU AMERIKA SERIKAT

67 Persen Penonton Debat Setuju Trump Menang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 28 Juni 2024, 17:42 WIB
67 Persen Penonton Debat Setuju Trump Menang
Mantan Presiden AS, Donald Trump saat mengikuti debat capres pertama yang ditayangkan secara langsung oleh CNN pada Jumat, 28 Juni 2024/Net
rmol news logo Hasil survei yang dikeluarkan stasiun televisi Amerika Serikat CNN memperlihatkan mayoritas penonton debat calon presiden setuju bahwa kandidat Partai Republik yakni Donald Trump telah menang.

Dari perolehan voting, diketahui bahwa 67 persen penonton setuju bahwa Trump telah mengalahkan Biden yang hanya mendapat dukungan dari 33 persen penonton.

Angka ini cukup berbeda dari hasil voting CNN pada pemilu 2020 lalu dimana 53 persen penonton menyatakan Biden menang dari Trump.

Debat capres AS pertama yang digelar di kota Atlanta pada Jumat (28/6) memperlihatkan Biden kesulitan dalam memberikan tanggapan,  bertele-tele, dan tampak tidak bersemangat.

Penulis CNN Chris Cilizza menilai debat hari ini menjadi bencana total bagi Biden yang diragukan karena usianya yang menginjak 81 tahun.

“Dia tampak tua. Jawabannya berulang kali meleset. Dia sulit dimengerti. Dia berhenti di tengah kalimat dan bergerak ke hal lain. Saya tidak pernah berpikir dia akan seburuk ini," ujarnya.

Tim kampanye Biden mengatakan bahwa presiden AS suaranya serak karena flu dan sakit tenggorokan.

Wakil Presiden Kamala Harris juga mengatakan kepada CNN: "Ini adalah awal yang lambat namun penyelesaian yang kuat."

Namun, Ibu Negara Jill Biden memuji suaminya dengan mengatakan: "Joe, kamu melakukan pekerjaan dengan baik! Kamu menjawab setiap pertanyaan. Kamu tahu semua faktanya."

Survei CNN dilakukan melalui pesan teks dengan 565 pemilih terdaftar yang menyaksikan debat tersebut.

Selain menyoroti pemenang debat, survei CNN juga mengungkap bahwa 57 persen pemirsa tidak yakin bahwa Biden masih bisa memimpin AS, sementara 44 persen menyatakan keraguan serupa terhadap Trump.

Laporan The Independent mengungkap adanya kepanikan di kalangan Demokrat setelah perdebatan tersebut, dengan beberapa orang menyerukan agar Biden diganti sebagai calon dari partai tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA