Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Dunia: India Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 24 Juni 2024, 02:20 WIB
Bank Dunia: India Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi
Ilustrasi
rmol news logo Bank Dunia telah merevisi perkiraan pertumbuhan PDB India untuk tahun keuangan saat ini sebesar 20 basis poin menjadi 6,6 persen dari proyeksi sebelumnya di bulan Januari lalu sebesar 6,4 persen.

Bank Dunia baru-baru ini mengatakan India akan tetap menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, meskipun laju ekspansinya diperkirakan tidak terlalu besar.

Dalam laporan Prospek Ekonomi Global terbaru, lembaga keuangan internasional tersebut mengaitkan revisi proyeksi pertumbuhan India dengan kuatnya investasi publik yang disertai dengan belanja modal swasta dan peningkatan konsumsi swasta.

Seperti dikutip dari Business Insider, pertumbuhan aktivitas industri India, termasuk manufaktur dan konstruksi, lebih kuat dari perkiraan, disertai dengan ketahanan aktivitas jasa, yang membantu mengimbangi perlambatan produksi pertanian yang sebagian disebabkan oleh musim hujan.

Pertumbuhan permintaan domestik tetap kuat, dengan lonjakan investasi, termasuk di bidang infrastruktur, yang mengimbangi moderasi pertumbuhan konsumsi karena berkurangnya permintaan yang terpendam pascapandemi.

Untuk tahun 2025-2026, Bank Dunia juga menaikkan proyeksi pertumbuhan dari 6,5 persen menjadi 6,7 persen.

“Perekonomian India didukung oleh permintaan domestik yang kuat, lonjakan investasi, dan aktivitas jasa yang kuat. India diproyeksikan tumbuh rata-rata 6,7 ??persen per tahun fiskal dari tahun 2024 hingga 2026 – menjadikan Asia Selatan sebagai kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia,” demikian antara lain bunyi laporan Bank Dunia.

PDB per kapita di negara-negara berkembang dan berkembang (emerging market and developing economies/EMDEs), termasuk India, diperkirakan akan tumbuh rata-rata sekitar 3 persen pada tahun 2024-26, jauh di bawah rata-rata pada tahun 2010-19.

“Beberapa negara berkembang (EMDE) besar, seperti India, diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan per kapita yang solid,” katanya.

Aktivitas importir komoditas kecuali Tiongkok sangat kuat.

“Hal ini sebagian besar mencerminkan ketahanan di beberapa negara besar, terutama India, karena permintaan domestik yang terus menguat. Pertumbuhan lebih lemah di negara-negara importir komoditas lainnya sepanjang tahun ini,” tulis laporan itu lagi.

Menurut data resmi pemerintah India, PDB India tumbuh sebesar 8,2 persen selama tahun keuangan 2023-2024, dan negara ini terus menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Perekonomian India tumbuh masing-masing sebesar 7,2 persen pada tahun 2022-2023 dan 8,7 persen pada tahun 2021-22.

Reserve Bank of India dalam pertemuan kebijakan moneter terbarunya menaikkan perkiraan PDB saat ini untuk tahun 2024-25 menjadi 7,2 persen dari 7 persen sebelumnya.

Morgan Stanley memperkirakan pertumbuhan India sebesar 6,8 persen pada tahun 2024.

India diperkirakan akan tetap menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di antara negara-negara besar pada tahun 2024, menurut World Economic Outlook terbaru dari Dana Moneter Internasional (IMF). Dalam proyeksi terbarunya, IMF menaikkan proyeksi pertumbuhan India pada tahun 2024 dari 6,5 persen menjadi 6,8 persen.

PBB baru-baru ini menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi India pada tahun 2024 dari 6,2 persen menjadi 6,9 persen, terutama didorong oleh kuatnya investasi publik dan ketahanan konsumsi swasta.

Moody's Ratings memperkirakan India akan tumbuh sebesar 6,6 persen pada tahun keuangan saat ini 2024-25.

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD) memproyeksikan India akan tumbuh 6,6 persen dalam dua tahun ke depan.

Bank Pembangunan Asia (ADB) telah meningkatkan perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) India untuk tahun keuangan 2024 dari 6,7 persen menjadi 7 persen.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA