Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Filipina Minta Tiongkok Kembalikan Senjata yang Dirampas dalam Insiden 17/6

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Minggu, 23 Juni 2024, 18:51 WIB
Filipina Minta Tiongkok Kembalikan Senjata yang Dirampas dalam Insiden 17/6
Potongan rekaman insiden 17/6 ketika Penjaga Pantai Tiongkok menyerang kapal-kapal AL Filipina, Senin (17/6)./AP
rmol news logo Filipina menuntut Tiongkok mengembalikan beberapa senapan dan peralatan yang disita Penjaga Pantai Tiongkok (CCG) dalam insiden yang terjadi hari Senin lalu (17/6) di perairan dangkal yang disengketakan. Filipina juga meminta Tiongkok membayar ganti rugi dalam serangan yang dipandang Filipina sebagai pembajakan.

Personel Tiongkok dengan menggunakan delapan perahu motor berulang kali menabrak lalu menaiki dua perahu karet Angkatan Laut Filipina. Ini dilakukan Tiongkok untuk mencegah personel AL Filipina memindahkan makanan dan perbekalan lainnya termasuk senjata api ke pos teritorial Filipina di Second Thomas Shoal.

Setelah terjadi perkelahian dan tabrakan berulang kali, pihak Tiongkok menyita perahu-perahu tersebut dan merusaknya dengan parang, pisau, dan palu. Mereka juga menyita delapan senapan M4 yang dikemas dalam peti, peralatan navigasi dan perbekalan lainnya serta melukai sejumlah personel AL Filipina, termasuk seorang yang kehilangan ibu jari kanannya.

Video dan foto yang dikeluarkan pihak militer Filipina pada Rabu malam (19/6) menunjukkan kekacauan di perairan dangkal tersebut, dengan personel Tiongkok di atas kapal mengacungkan pisau, kapak dan tongkat saat mengepung dua kapal pasokan AL Filipina di samping pos terdepan Manila.

Sirene terus-menerus berbunyi saat kedua belah pihak saling berteriak dan pihak Tiongkok menghancurkan kapal angkatan laut Filipina dengan tongkat dan mengambil apa yang tampak seperti tas dengan tongkat.

Gambar menunjukkan sebuah kapal Angkatan Laut Filipina rusak dengan pelampung sampingnya terpotong dan kempes, dan kapal lain dengan kaca depan dan layar navigasinya hancur. Seorang pria memperlihatkan ponsel yang rusak.

“Kami menuntut Tiongkok mengembalikan senapan dan peralatan kami dan kami juga menuntut mereka membayar kerugian yang mereka timbulkan,” kata Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Romeo Brawner Jr. dalam konferensi pers.

“Mereka menaiki perahu kami secara ilegal dan menyita peralatan kami,” kata Brawner. “Mereka sekarang seperti bajak laut dengan tindakan seperti ini.”

Berbekal pisau panjang dan parang, personel penjaga pantai Tiongkok mencoba memukuli warga Filipina yang tidak bersenjata, yang melawan dengan tangan kosong dengan menangkis serangan dan memukul mundur warga Tiongkok, kata Brawner.

“Tujuan kami juga untuk mencegah perang.”

Beberapa orang Tiongkok mengarahkan pisaunya ke arah personel AL Filipina, katanya.

Tiongkok menyalahkan Filipina atas konfrontasi tersebut, dan mengatakan bahwa personel Filipina “melanggar” perairan dangkal tersebut dan mengabaikan peringatan mereka.

“Inilah penyebab langsung insiden tersebut,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lin Jian di Beijing.

“Penjaga pantai Tiongkok di lokasi kejadian telah mengambil tindakan penegakan hukum profesional dengan menahan diri yang bertujuan menghentikan misi pasokan ilegal oleh kapal-kapal Filipina dan tidak ada tindakan langsung yang diambil terhadap personel Filipina,” ujarnya.

Amerika Serikat memperbarui peringatannya pada hari Selasa bahwa mereka berkewajiban membela Filipina, sekutu perjanjian tersebut.

Second Thomas Shoal, bagian dari Kepulauan Spratly yang disengketakan, telah diduduki oleh kontingen kecil angkatan laut Filipina di atas kapal perang yang dilarang terbang dan diawasi secara ketat oleh penjaga pantai dan angkatan laut Tiongkok dalam konflik teritorial selama bertahun-tahun. Tiongkok mengklaim Laut Cina Selatan secara keseluruhan.

Ada kekhawatiran bahwa perselisihan di Laut China Selatan, yang telah lama dianggap sebagai titik konflik di Asia, dapat meningkat dan membawa Amerika Serikat dan Tiongkok ke dalam konflik yang lebih besar. Selain Tiongkok dan Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Taiwan memiliki klaim teritorial yang saling bertentangan di jalur perairan sibuk tersebut.

Sejak tahun lalu, permusuhan antara Tiongkok dan Filipina telah meningkat di perairan yang disengketakan, khususnya di Second Thomas Shoal, yang berjarak kurang dari 370 kilometer dari pantai Filipina dan merupakan lokasi BRP Sierra Madre, yang kini dipenuhi karat, sengaja dikandangkan pada tahun 1999.

Kapal tersebut tetap merupakan kapal militer yang ditugaskan secara aktif, yang berarti serangan terhadap kapal tersebut dapat dianggap oleh Filipina sebagai tindakan perang. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA