Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kedubes India Rayakan Hari Yoga Internasional ke-10 di 75 Lokasi di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 21 Juni 2024, 14:29 WIB
rmol news logo Setiap tanggal 21 Juni diperingati sebagai International Day of Yoga (IDY) atau Hari Yoga Internasional. Sejak disahkan PBB pada 2014, IDY tahun ini memasuki usia ke-10.

Menurut laporan Kedutaan Besar India di Jakarta, perayaan IDY ke-10 di Indonesia dilakukan di 75 lokasi berbeda dengan tema “Yoga for Self and Society".

Penetapan jumlah lokasi itu sesuai dengan usia hubungan diplomatik Indonesia-India yang menginjak 75 tahun.

Kedubes India merayakan Hari Yoga Internasional (IDY) ke-10 di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia di Jakarta pada Jumat (21/6).

Sementara Konsulat India di Bali juga merayakan IDY di Lapangan Puputan Badung, Denpasar. Di Medan, para pejabat Angkatan Laut India dan Indonesia melakukan Yoga di atas kapal INS Saryu yang berlabuh di Belawan.

Di Jakarta, IDY ke-10 dihadiri oleh Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Suryati, bersama Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Hayono Isman, mantan Duta Besar Bapak Diar Nurbiantoro dan Semuel Semson, serta hampir 300 pecinta yoga dari segala usia dan jenis kelamin.

Berdasarkan pantaun Kantor Berita Politik RMOL, para peserta datang sejak jam 07.00 pagi di lapangan Kemenpora RI menggunakan kaos seragam berwana putih. Mereka membawa mastras yoga dan berbaris dengan posisi teratur.

Di panggung utama, Duta Besar India Sandeep Chakravorty menyampaiakan pidato dambutannya. Dia menyebut IDY tahun ini merupakan perayaan luar biasa atas yoga dan persahabatan jangka panjang antara India dan Indonesia.

"Partisipasi antusias di 75 lokasi di Indonesia menyoroti daya tarik universal yoga dan komitmen kita bersama untuk kesehatan dan keharmonisan," ujarnya.

Acara puncak IDY sekaligus perayaan 75 tahun India-Indonesia akan digelar hari Minggu (23/6) di Pagelaran Keraton Surakarta bekerjasama dengan Kantor Walikota Surakarta dan Keraton Surakarta.  

Wakil Presiden terpilih Bapak Gibran Rakabuming Raka diperkirakan hadir dalam perayaan tersebut. Sementara Aktor ternama dan seniman Yoga Anjasmara Prasetyo akan memimpin acara yoga, yang akan diakhiri dengan perayaan akbar yoga disertai dengan malam “Seni dan Budaya” berisi penampilan India dan Indonesia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA