Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Cuma Soal Bisnis, Malaysia-China Summit 2024 Bisa Perkuat ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 21 Juni 2024, 10:54 WIB
Bukan Cuma Soal Bisnis, Malaysia-China Summit 2024 Bisa Perkuat ASEAN
Komisaris Perdagangan Kedutaan Besar Malaysia Jakarta Suresh Kumar R. Palasanthiran, Duta Besar Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin dan Ketua Penyelenggara MCS 2024, Richard Teo di acara networking MCS 2024 di Hotel Regis Jakarta pada Kamis malam, 20 Juni 2024/RMOL
rmol news logo Gelaran Malaysia-China Summit (MCS) 2024 dinilai mampu memperkuat hubungan ekonomi yang telah lama dijalin antara negara anggota ASEAN dan mitranya China.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin kepada Kantor Berita Poltik RMOL di acara networking MCS 2024 di Hotel Regis Jakarta pada Kamis malam (21/6).

Dubes menjelaskan bahwa MCS bukan hanya merupakan titik pertemuan bagi para pemimpin bisnis tetapi juga katalis untuk memperkuat hubungan di ASEAN.

Ini dibuktikan dengan upaya MCS menarik banyak perusahaan Indonesia dan Thailand untuk ikut berpartisipasi dalam pameran bisnis selama tiga hari di Kuala Lumpur pada 17 hingga 19 Desember mendatang.

“Dengan menciptakan platform perdagangan dan investasi yang kuat di Malaysia, kami tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan-perusahaan Malaysia tetapi juga meningkatkan peluang bagi perusahaan-perusahaan di kawasan ASEAN,” ujar Dubes.  

Dubes mengungkap, akan ada  500 perusahaan yang ikut dalam MCS 2024. Pameran ini akan dihadiri oleh lebih dari 10.000 pengunjung sehingga membuka peluang besar bagi perusahaan-perusahaan Indonesia yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya di Malaysia maupun ASEAN.

Melihat respon positif dari 200 peserta yang hadir dalam acara promosi dan networking di Jakarta, Dubes berharap akan semakin banyak komunitas bisnis Indonesia yang ikut serta di acara MCS mendatang.

"Kami berharap perusahaan dan swasta dari Indonesia juga dapat mengambil kesempatan untuk berpartisipasi dalam program ini," ujarnya.

Ketua Penyelenggara MCS 2024, Richard Teo mengatakan sejauh ini acara promosi MCS 2024 telah dilakukan di China, Beijing, Hongkong, Sabah, Sarawak dan yang terbaru Jakarta. Pada Juli mendatang, acara serupa akan digelar di Bangkok.

"Kita akan pergi ke Bangkok Juli untuk promosi," ujarnya kepada RMOL.

Sementara itu, Komisaris Perdagangan Kedutaan Besar Malaysia Jakarta, Suresh Kumar R. Palasanthiran mengungkap semua sektor bisnis bisa berpartisipasi dalam pameran MCS 2024.  

"Ini promosi pertama jadi kita berharap bisa mendapatkan sebanyak-banyaknya dari berbagai sektor," ungkapnya.

MCS 2024 diselenggarakan oleh Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) dan Qube Integrated Malaysia Sdn Bhd dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan bilateral Malaysia-China.

Acara bertema "Prosperity Beyond 50" itu diharapkan menjadi platform dinamis untuk perdagangan dan investasi, mendorong integrasi ekonomi dan kerja sama yang lebih dalam antara negara-negara ASEAN dan China.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA