Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Para Istri Diplomat Kedubes Malaysia Gotong Royong Masak Daging Kurban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 17 Juni 2024, 16:37 WIB
rmol news logo Suasana Hari Raya Iduladha di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta begitu meriah. Puluhan ibu-ibu yang merupakan istri para diplomat gotong royong mengolah daging hewan kurban yang baru dipotong pada Senin (17/8).

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL, terdapat empat ekor sapi dan 10 kambing yang dikurbankan selama perayaan Iduladha di Kedubes Malaysia. Proses pemotongan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Para tamu undangan yang terdiri dari terdiri dari masyarakat Malaysia di sekitar Jakarta, staf kedutaan, pelajar Malaysia, tamu undangan dan media ikut berkerumun menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

Panitia pemotongan hewan kurban Kedubes Malaysia berseragam kaos berwarna tosca siap memotong hewan kurban dan memasukkannya ke dalam ratusan kantong plastik untuk dibagikan kepada tamu yang menghadiri salat Iduladha di kedutaan.

Selain itu, menurut Ketua Panitia Kurban Kedubes Malaysia, Mohd Shamsuri, daging korban juga akan dibagikan kepada masyarakat di Kampung Pemulung di Kota Kasablanka.

"Dan Panitia telah memutuskan, tahun ini kita memilih Kampung Pemulung di Kokas. Untuk daftar penerima yang disetorkan sudah mencapai 100 keluarga," ungkapnya kepada RMOL.

Selain pemotongan kurban, terlihat ibu-ibu Kedutaan Malaysia berseragam kaos tosca dan kerudung merah saling membantu mengolah daging kurban yang baru saja dipotong.

Tampak kuali-kuali besar berisi daging rebus, dan olahan kari yang aromanya begitu menggugah selera. Para istri diplomat Malaysia itu begitu bersemangat menyajikan makanan khas hari raya Iduladha untuk mengurangi kerinduan akan kampung halaman.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin mengatakan korban tahun ini lebih banyak dari tahun lalu dan masak-masak bersama memang sudah menjadi budaya mereka.

"Selain itu, untuk gotong royong lah, itu lebih seru, dengan memotong sendiri dan memasak bersama kemudian makan makanan khas kampung halaman," ungkapnya.

Sementara itu, istri Dubes yang juga Perwakilan Tetap Malaysia untuk ASEAN, Sarah Nava Rani Al Bakri mengungkap persiapan ibu-ibu kedutaan untuk memasak kurban telah dilakukan sejak Minggu malam (16/6).

"Persiapan ibu-ibu perwakilan telah dimulai sejak semalam. Mereka pagi ini giat untuk memasak. Ini adalah peluang bagi ibu-ibu perwakilan dan warga kedutaan dan masyarakat Indonesia di Jakarta untuk merasakan kegembiraan menyambut hari raya Iduladha," ujarnya.

Sarah menyebutkan daftar menu masakan kurban yang dibuat ibu-ibu Kedutaan Malaysia, di antaranya gulai kambing, daging masak kecap,daging goreng kunyit dan juga sup daging tulang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA