Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelajar Muslim India Berjaya di Ujian Nasional Perguruan Tinggi Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 10 Juni 2024, 03:27 WIB
Pelajar Muslim India Berjaya di Ujian Nasional Perguruan Tinggi Negeri
Ilustrasi pelajar Muslim India yang lulus memuaskan di Ujian Nasional masuk perguruan tinggi 2024.
rmol news logo Pelajar-pelajar Muslim di India memperlihatkan kemampuan mereka yang mengagumkan dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri di India tahun 2024 ini. Dalam All India National Eligibility-cum-Entrance Test (NEET) 2024 seorang pelajar wanita Muslim Urdu mencatat nilai sempurna 720. Namanya Amina Arif Kadiwala dari Sekolah Menengah Madni, Jogeshwari, Mumbai.

India Blooms mencatat, pelajar Muslim menduduki peringkat teratas di delapan negara bagian India, yakni Maharashtra, Tamil Nadu, Madhya Pradesh, Odisha, Jharkhand, Ladakh, Mumbai, dan Rajasthan.

Meskipun angka pasti jumlah Muslim yang mengikuti NEET belum dapat dipastikan dan dipublikasikan, namun laporan acak yang dikumpulkan dari seluruh India menunjukkan banyak sekali pelajar Muslim yang mayoritas berasal dari kalangan kelas menengah ke bawah yang ikut ujian. Di antara mereka terdapat siswa madrasah dan anak yatim piatu.

Beberapa cerita yang dibagikan di media sosial tentang keberhasilan NEET mengungkapkan bahwa banyak siswa yang lulus ujian beragama dan beberapa anak perempuan bahkan berhijab.

Aysha S. dari Koyilandy di Kozhikode, Kerala, mengamankan Peringkat 12 All India NEET (UG) 2024 dan menjadi yang teratas di negara bagian Kerala dengan nilai 710. Ia meraih peringkat kedua kategori OBC tingkat nasional.

Ia berasal dari daerah yang biasanya gadis Muslim langsung menikah setelah menyelesaikan pendidikan jenjang 10+2.

Belajar 15 jam setiap hari membantu Aysha menyelesaikan ujian ini, kata orang tuanya kepada seorang influencer media sosial. Orang tua juga mendukungnya untuk berhenti satu tahun setelah ditambah dua tahun sehingga dia bisa fokus secara eksklusif pada persiapan NEET.

Selain pandai dalam bidang akademik, ia juga rutin shalat termasuk shalat tahajud dan shalat subuh.

Siswa teratas lainnya adalah Kehkashan Parveen dari Jamshedpur. Dia telah menduduki puncak Bihar dan, seperti Aysha, dia adalah seorang siswa yang berbakti, rajin, dan religius yang mengenakan jilbabnya dengan bangga.

Begitu pula dengan Amina Arif Kadiwala dari Mumbai, yang menduduki peringkat teratas, telah menjadi pelajar agama yang teliti. Dia juga mengenakan jilbab dan melakukan shalat secara teratur.

Menurut teman sekelasnya Ismail Gulab Shaikh, Amina telah menetapkan patokan.

“Perjalanan Amina dari SMA Madni tercinta hingga puncak kesuksesan ini merupakan bukti dedikasi dan ketangguhannya. Terima kasih khusus kepada komunitas pendukung di Excellent Master Academy Jogeshwari karena telah memupuk potensinya dan membimbingnya menuju kesuksesan,” tulisnya di halaman Facebook-nya.

Sebagai siswa SSC yang berlatar belakang medium Urdu, Amina menghadapi banyak tantangan namun tetap teguh dalam mengejar keunggulan.

Prestasinya tidak hanya membawa kebanggaan bagi keluarga dan sekolahnya tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak siswa lain yang memiliki latar belakang serupa.

SMA Madni yang terkenal dengan komitmennya dalam memberikan pendidikan berkualitas berperan penting dalam membina bakat Amina.

Ia mengungkapkan bahwa awalnya hal tersebut merupakan tantangan baginya karena ia lemah dalam berbahasa Inggris, namun perlahan-lahan ia mempelajari bahasa tersebut dan berhasil dalam ujiannya.

Kisah sukses Amina telah menjadi topik hangat di media sosial sejak terungkap pada Selasa malam. Umat ??Muslim telah membagikan teladannya untuk memotivasi generasi muda Muslim untuk melakukan hal yang sama.

Seorang gadis Muslim lainnya, Bisma Ali dari Shopian juga termasuk dalam kualifikasi NEET. Seperti Amina dan Aysha, dia adalah seorang gadis berhijab dan berasal dari latar belakang non-Inggris.

Dalam contoh lain kisah sukses Muslim di NEET, beberapa pengguna media sosial dari Kashmir mengatakan bahwa bahkan beberapa anak yatim piatu dari panti asuhan Srinagar termasuk di antara yang memenuhi syarat NEET. Meskipun mereka tidak membagikan detailnya, keberhasilan mereka dipuji oleh banyak orang di Facebook.

Beberapa siswa madrasah, dan bahkan seorang hafiz di antara mereka, dikatakan telah memecahkan NEET juga.

Sekolah Sains Anjuman yang kurang dikenal di daerah pedesaan distrik BanasKantha di Gujarat membagikan di FB-nya daftar 11 siswa Muslim yang berhasil menyelesaikan NEET dalam upaya pertama mereka.

Keberhasilan umat Islam di NEET telah diberitahukan oleh semua orang. Karena keberhasilan ini terjadi pada saat semua diskusi tentang politik terjadi setelah pengumuman hasil pemilu 2024, pencapaian NEET telah menanamkan kembali harapan di kalangan masyarakat pengamat.

Asad Ashraf, seorang jurnalis yang tinggal di Delhi, sangat gembira atas keberhasilan umat Islam dalam ujian kompetitif meskipun ada tantangan.

“Krisis juga menciptakan peluang, membuka jalan baru. Muslim tentu saja telah melalui masa sulit dalam beberapa tahun terakhir, namun tanggapan masyarakat juga sangat positif. Generasi muda Muslim tentu sudah sadar akan kemajuan dan pemberdayaan.

Tidak ada data empiris untuk membuktikan apa yang saya katakan tetapi sekilas melihat hasil UPSC dalam beberapa tahun terakhir, umat Islam mendapat nilai cukup baik dalam ujian NEET bergengsi dan sejenisnya, dan keinginan untuk memiliki perwakilan di semua ruang publik, partisipasi politik adalah alasan yang cukup untuk mendukung hal ini. kita yakin masa depan pasti cerah,” tulisnya di dinding FB. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA