Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Modi: Kualitas Pendidikan Tinggi India Akan Lebih Ditingkatkan Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Minggu, 09 Juni 2024, 02:08 WIB
Modi: Kualitas Pendidikan Tinggi India Akan Lebih Ditingkatkan Lagi
Ilustrasi mahasiswa India.
rmol news logo Sepanjang sepuluh tahun terakhir jumlah perguruan tinggi India masuk dalam daftar 150 perguruan tinggi terbaik di dunia versi QS World University Rankings. Peningkatan tersebut sebesar 318 persen dan merupakan pertumbuhan tertinggi di antara negara-negara G20.

Menurut Perdana Menteri Narendra Modi, ini adalah salah satu buah dari kebijakan pemerintah di sektor pemerintah selama dekade terakhir. Dia menekankan, pemerintahan India yang akan terbentuk dari hasil pemilu terakhir akan berbuat lebih banyak lagi untuk meningkatkan penelitian dan inovasi.

“Selama dekade terakhir, kami fokus pada perubahan kualitatif di sektor pendidikan. Hal ini tercermin dalam QS World University Rankings. Saya memuji mahasiswa, dosen dan institusi atas kerja keras dan dedikasinya. Dalam hal ini, kami ingin berbuat lebih banyak lagi untuk meningkatkan penelitian dan inovasi,” kata PM Modi dalam postingannya di X.

Pengakuan ini diberikan di tengah upaya India untuk meningkatkan sektor pendidikan tinggi dan kedudukan akademisnya di pangung global. QS World University Rankings berfungsi sebagai tolok ukur penting untuk menilai kualitas dan reputasi universitas di seluruh dunia.

QS World University Ranking 2025, yang dirilis pada hari Rabu oleh Quacquarelli Symonds (QS), mengungkapkan bahwa Institut Teknologi India (IITs) Bombay dan Delhi telah mendapatkan posisi di antara 150 universitas terbaik secara global. IIT Bombay telah meningkatkan peringkatnya dari 149 menjadi 118, naik 31 peringkat, sementara IIT Delhi naik 47 poin untuk mencapai posisi ke-150 secara global.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) terus menduduki posisi teratas secara global dalam peringkat QS, menandai tahun ke-13 berturut-turut berada di peringkat teratas.

Delhi University (DU) terkenal karena kemampuan kerja para lulusannya, dan menempati posisi ke-44 secara global dalam kategori hasil ketenagakerjaan.

India merupakan negara dengan representasi universitas terbesar ketiga di Asia dalam hal peringkat universitas, hanya tertinggal dari Jepang dengan 49 universitas dan Tiongkok (Daratan) dengan 71 universitas.

Pernyataan QS menunjukkan bahwa 61 persen universitas di India mengalami peningkatan peringkat, 24 persen mempertahankan posisinya, 9 persen mengalami penurunan peringkat, dan tiga universitas baru pertama kali masuk dalam pemeringkatan tersebut.

Selain itu, 37 universitas di India telah menunjukkan peningkatan kinerja dalam Kutipan per Fakultas, yang menunjukkan peningkatan dampak hasil penelitian. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA