Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Modi Banjir Ucapan Selamat, Biden: Modal Penguatan Hubungan yang Berpotensi Tak Terbatas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 07 Juni 2024, 07:49 WIB
Modi Banjir Ucapan Selamat, Biden: Modal Penguatan Hubungan yang Berpotensi Tak Terbatas
Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden AS Joe Biden dalam KTT G20 di India./ANI
rmol news logo Ucapan selamat untuk Perdana Menteri India Narendra Modi atas kemenangan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang dipimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) mengalir dari pemimpin-pemimpin negara sahabat.

Presiden AS Joe Biden mengatakan kemenangan NDA dan BJP dalam pemilu Lok Sabha 2024 merupakan modal bagi penguatan hubungan persahabatan kedua negara yang memiliki potensi tak terbatas.

“Selamat kepada Perdana Menteri Narendra Modi dan Aliansi Demokratik Nasional atas kemenangan mereka, dan kepada hampir 650 juta pemilih dalam pemilu bersejarah ini. Persahabatan antara negara-negara kita semakin berkembang ketika kita membuka masa depan bersama dengan potensi yang tidak terbatas,” di akun X miliknya.

Penghitungan suara pemilu Lok Sabha 2024 berlangsung pada Selasa (4/6). Menurut Komisi Pemilihan Umum India (ECI), BJP yang dipimpin Modi memenangkan 240 kursi, sementara pesaing utama, Partai Kongres, memperoleh 99 kursi.

Dengan kemenangan ini, Perdana Menteri Narendra Modi mendapatkan masa jabatan ketiga, meskipun BJP memerlukan dukungan koalisi, terutama dari ketua JD(U) Nitish Kumar dan ketua TDP Chandrababu Naidu.

Sebelumnyaa, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengucapkan selamat kepada PM Modi dan memandang kemenangan itu sebagai kepercayaan masyarakat India terhadap kepemimpinan Modi. Presiden Wickremesinghe juga menyampaikan keinginannya untuk memperkuat kemitraan Sri Lanka dan India. Pemimpin oposisi Sajith Premadasa dan mantan Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa dari Sri Lanka juga menyampaikan ucapan selamat mereka.

Presiden Taiwan Lai Ching-te mengucapkan selamat kepada Modi, mengungkapkan harapannya untuk memperluas kolaborasi India-Taiwan di bidang perdagangan, teknologi, dan sektor lainnya, sehingga berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pasifik.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim juga mengucapkan selamat kepada Modi atas masa jabatannya yang ketiga berturut-turut. Ibrahim menyampaikan antisipasinya bekerja sama dengan Modi untuk meningkatkan hubungan India-Malaysia, dengan membagikan foto pertemuan sebelumnya di mana mereka terlihat tertawa dan berjabat tangan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA