Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Korsel: Kunjungan Wartawan Indonesia Tingkatkan Kualitas Hubungan Dua Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 05 Juni 2024, 11:01 WIB
Dubes Korsel: Kunjungan Wartawan Indonesia Tingkatkan Kualitas Hubungan Dua Negara
Foto bersama Duta Besar Republik Korea, Lee Sang-deok bersama pengurus PWI dan anggota delegasi yang akan berangkat ke Seoul/Ist
rmol news logo Duta Besar Republik Korea, Lee Sang-deok, menyambut baik rencana kunjungan delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke Korea yang akan dilakukan pada pekan ketiga bulan Juni ini.  

Dubes Lee merasa yakin, kunjungan yang akan diikuti oleh sebelas anggota PWI itu dapat meningkatkan kualitas hubungan kedua negara yang sudah berlangsung selama 51 tahun.

Keyakinan itu disampaikan Dubes Lee ketika memberikan sambutan dalam santap siang bersama Pengurus PWI dan anggota delegasi yang akan berangkat di Restoran Yewon, Jalan Purnawarman, Jakarta Selatan, Selasa (4/6).

Hadir dalam jamuan itu Ketua Umum PWI Hendry Ch. Bangun, Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa, Komisaris TVRI Agus Sudibyo, dan Sekjen PWI Sayid Iskandarsyah, serta beberapa dari anggota delegasi PWI yang akan berangkat ke Korea.

Jamuan makan siang dibuka dengan penayangan lagu “Fly Together” yang diciptakan diplomat Korea Selatan James Lee untuk menyambut 50 tahun hubungan Indonesia dan Korea Selatan tahun lalu.

Program kunjungan ke Korea Selatan ini merupakan kerjasama antara PWI dan Asosiasi Wartawan Korea (JAK) yang dimulai pada tahun 2013 dan digagas Ketua Bidang Luar Negeri PWI pada saat itu, Teguh Santosa.  

Dubes Lee mengatakan, setelah berlangsung selama lima dekade, hubungan Indonesia dan Korea Selatan berkembang ke arah yang semakin meyakinkan. Pada tahun 2017, kedua negara meningkatkan hubungan menjadi Special Strategic Partnership.

Volume perdagangan Indonesia dan Korea Selatan mengalami peningkatan sebesar 140 kali dibandingkan 50 tahun lalu ketika hubungan kedua negara dimulai. Sementara dalam satu dekade terakhir, investasi perusahaan-perusahaan Korea Selatan di Indonesia meningkat sebesar 20 persen. Adapun jumlah perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia sekitar 3.000 perusahaan. Pada tahun 2023, Korea Selatan tercatat sebagai investor terbesar ke-6 di Indonesia.
 
“Korea Selatan merupakan satu-satunya negara yang berinvestasi pada industri utama seperti electric vehicle eco-system, petro-chemical, baja, elektronik, juga keuangan dan sebagainya,” ujar Dubes Lee.

Secara pribadi, Dubes Lee yang telah bertugas di banyak negara mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang paling ramah yang dia temui.

“Saya benar-benar merasa tersentuh dengan keramahan masyarakat Indonesia, dan selalu merasa berada di rumah sendiri,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Dubes Lee juga menyerahkan boneka Megawati Hangestri Pertiwi yang merupakan pemain volly wanita Indonesia di Korea Selatan. Seperti pelatih sepakbola asal Korea Selatan Shin Taeyong, kata Dubes Lee, Megawati juga merupakan ikon hubungan persaudaraan erat kedua negara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA