Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Raisi Dikebumikan di Kampung Halamannya Mashhad

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 23 Mei 2024, 19:04 WIB
Presiden Raisi Dikebumikan di Kampung Halamannya Mashhad
Jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi saat diangkut ke kampus Universitas Teheran di Teheran, Iran pada Rabu, 22 Mei 2024/Net
rmol news logo Setelah melalui berbagai upacara penghormatan, jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi akan dikebumikan di kampung Halamannya di Mashhad pada Kamis malam (23/5).

Jenazah Raisi dibawa dari Birjand, di provinsi Khorasan selatan dan telah tiba sore hari ini di bandara Shahid Mashinejad.

"Lima ratus masjid telah disiapkan untuk menyambut orang-orang di seluruh Masyhad," menurut media pemerintah Iran IRNA.

Raisi akan dimakamkan di kuil yang sama dengan Imam Reza Ali. Sedangkan Menteri Luar Negeri Husain Amirabdollahian akan dimakamkan di kuil Shah Abdol Azim dekat Teheran.

Prosesi penghormatan terakhir untuk Raisi dan pejabat Iran yang lain dimulai di Tabriz, Qom, Teheran dan baru selesai dilakukan di provinsi Khorasan Selatan.

Setelah Raisi dan rekannya dikebumikan, Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei akan memimpin upacara doa untuk para korban tewas pada hari Sabtu (25/5).

Pada upacara penghormatan di Teheran pada Rabu (23/5), dihadiri oleh puluhan pejabat tinggi dari 68 negara.

Kedatangan para pejabat asing itu disambut oleh presiden pengganti sementara Mohammad Mokhber, menteri luar negeri sementara Ali Bagheri Kani dan pejabat pemerintah Iran lainnya.

Mengutip Anadolu Ajansi, pemimpin negara yang tampak hadir yakni Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif dan Perdana Menteri Azerbaijan Ali Asadov.

Presiden Tunisia Kais Saied, Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon dan ketua parlemen Lebanon, Aljazair, Kazakhstan, Ethiopia, Mali, Rusia dan Uzbekistan juga hadir dan memberikan penghormatan.

Wakil Presiden Turki Cevdet Yilmaz dan Menteri Luar Negeri Hakan Fidan juga ambil bagian dalam upacara tersebut.

Turut hadir pula  para menteri luar negeri Lebanon, Mesir, Tunisia, Arab Saudi, Kuwait, Uzbekistan, Tajikistan, Belarus, Armenia, Azerbaijan, Sri Lanka, Afghanistan, Pakistan, Venezuela dan Yordania.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh juga mengambil bagian dalam upacara tersebut dan mengadakan pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di sela-sela upacara pemakaman.

Presiden Raisi, Menlu Husain Amir-Abdollahian dan lainnya tewas setelah helikopter mereka jatuh di barat laut Iran pada hari Minggu (19/5) karena kondisi cuaca buruk.

Pihak berwenang telah memerintahkan penyelidikan mengenai penyebab kecelakaan itu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA