Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Perang India Tiba di Malaysia, Perkuat Kerjasama Pertahanan di Tengah Pergolakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Minggu, 12 Mei 2024, 23:24 WIB
Kapal Perang India Tiba di Malaysia, Perkuat Kerjasama Pertahanan di Tengah Pergolakan
Dua kapal perang AL India tiba di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Minggu (12/5)./ANI
rmol news logo Kapal perang Angkatan Laut India, INS Delhi dan INS Shakti, tiba di Kota Kinabalu, Malaysia, hari Minggu (12/5). Ini merupakan bagian dari dari Pengerahan Operasional Angkatan Laut India ke Laut China Selatan yang bergolak.

AL Kerajaan Malaysia dan Komisi Tinggi India di Malaysia menyambut kehadiran kapal perang AL India itu.

Dalam sebuah pernyataan, AL India menyatakan, kapal perang Delhi dan Shakti di bawah komando Perwira Bendera Komandan Armada Timur, R Laksamana Rajesh Dhankhar, selama kunjungan akan terlibat dalam berbagai interaksi profesional dengan AL Malaysia, termasuk sesi Subject Matter Expert Exchange (SMEE), yoga, perlengkapan olahraga, dan kunjungan lintas dek yang bertujuan untuk lebih memperkuat kerja sama dan pemahaman timbal balik antara AL kedua negara.

Setelah kunjungan pelabuhan selesai, kapal Angkatan Laut India akan berpartisipasi dalam Latihan Kemitraan Maritim (MPX)/PASSEX di laut dengan kapal Angkatan Laut Kerajaan Malaysia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat interoperabilitas antara kedua Angkatan Laut, seperti yang ditegaskan kembali pada MILAN 2024 dan Ex Samudra Lakshmana 2024 yang baru saja berakhir.

“Kunjungan ini akan semakin memperkuat persahabatan dan kerja sama jangka panjang antara kedua tetangga maritim tersebut melalui serangkaian keterlibatan dan kegiatan. Pengerahan kapal perang AL India ke wilayah penting ini juga menyoroti keteguhan AL India menjalankan kebijakan “Act to the East” atau “Bertindak ke Timur” dan Security and Growth for all in the Region (SAGAR) dari Pemerintah India."

Menurut pernyataan itu, INS Delhi adalah kapal perusak berpeluru kendali kelas Project-15 pertama yang dirancang dan dibangun di dalam negeri. Sementara INS Shakti adalah Kapal Pendukung Armada. Kedua kapal tersebut merupakan bagian dari Armada Timur Angkatan Laut India.

Baru-baru ini, INS Delhi, INS Shakti dan INS Kiltan melakukan kunjungan empat hari di Singapura dari tanggal 6 hingga 9 Mei. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan hubungan bilateral, membahas bidang-bidang yang menjadi kepentingan dan kerja sama bersama, dan menegaskan kembali komitmen untuk meningkatkan keamanan maritim. dan stabilitas di kawasan.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari Pengerahan Operasional Armada Timur Angkatan Laut India ke Laut China Selatan,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan. Laksamana Muda Rajesh Dhankhar, Perwira Bendera Komandan Armada Timur dan Perwira Komandan kapal berinteraksi dengan Komandan Armada Angkatan Laut Republik Singapura, di Markas Besar Angkatan Laut Singapura. rmol news logo article

EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA