Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS: Hamas Tidak akan Musnah jika Israel Serang Rafah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 10 Mei 2024, 09:12 WIB
AS: Hamas Tidak akan Musnah jika Israel Serang Rafah
Juru bicara Gedung Putih John Kirby/Net
rmol news logo Invasi darat yang akan dilancarkan Israel ke kota Rafah, diyakini tidak akan mampu menumpas Hamas hingga ke akarnya.

Begitu yang disampaikan oleh juru bicara Gedung Putih John Kirby dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Middle East Monitor pada Jumat (10/5).

Kirby menyebut operasi militer besar-besaran di Rafah bukanlah satu-satunya cara mengalahkan Hamas. Menurutnya ada langkah lain yang dapat diambil daripada membahayakan ratusan ribu pengungsi di Gaza Selatan.

"Menurut pandangannya, menghancurkan Rafah tidak akan mencapai tujuan tersebut,” tegasnya.

Kirby menegaskan bahwa desakan menghentikan invasi Rafah tidak berarti AS meninggalkan Israel. Dukungan akan tetap diberikan.

"Argumen bahwa kita akan menjauh dari Israel, atau kita tidak bersedia membantu mereka mengalahkan Hamas, tidak sesuai dengan fakta," ujar Kirby.

Kirby mengatakan konsultasi AS-Israel sedang berlangsung mengenai alternatif selain operasi darat besar-besaran di Rafah.

"Itu adalah pilihan yang harus diambil Israel. Kami berharap hal ini tidak terjadi," tambahnya.

Pejabat Israel yang anonim mengatakan bahwa putaran negosiasi di Kairo kemungkinan berakhir nihil. Untuk itu pasukan pertahanan IDF akan melanjutkan operasinya di Rafah sesuai rencana.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA