Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hamas Minta Jusuf Kalla jadi Mediator Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 07 Mei 2024, 17:16 WIB
Hamas Minta Jusuf Kalla jadi Mediator Perang
Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla/Net
rmol news logo Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK) diminta Hamas terlibat menjadi mediator untuk mengakhiri perang dan kekerasan di Jalur Gaza.

Kabar itu diungkap oleh anggota delegasi JK, Hamid Awaludin melalui keterangan pers yang diterima redaksi pada Selasa (7/4).

Hamid mengatakan, bahwa JK telah bertemu dengan delegasi Hamas Palestina yang dipimpin Pejabat Biro Politik dan Wakil Kepala Urusan Internasional Hamas Dr. Bassem Naim dalam sebuah pertemuan tertutup di kota Kuala Lumpur pada Minggu malam (5/5).

Diungkap Hamid, dalam pertemuan tersebut delegasi Hamas membeberkan adanya pembantaian warga Palestina di Gaza dengan motif genosida.

Kekerasan itu terus meningkat setiap harinya. Untuk itu Hamas meminta bantuan kepada JK agar ikut turun tangan membantu memediasi konflik Israel-Hamas.

"Pihak-pihak yang bertikai meminta Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla untuk bisa memediasi kedua belah pihak agar mengakhiri kekerasan yang terjadi beberapa bulan belakangan ini," kata Hamid.

Hamid mengungkap bahwa upaya untuk mengakhiri konflik secara permanen antara Israel dan Palestina sudah dilakukan sebelumnya oleh JK bersama tim, sekitar Juli dan pertengahan Oktober 2023 lalu.

Namun pembicaraan sempat terhenti akibat serangan yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober 2023.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA