Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hubungan Memburuk di Tengah Krisis Rusia-Ukraina, Xi Jinping akan Kunjungi Tiga Negara Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 02 Mei 2024, 01:41 WIB
Hubungan Memburuk di Tengah Krisis Rusia-Ukraina, Xi Jinping akan Kunjungi Tiga Negara Eropa
Presiden Prancis Emmanuel Macron, kiri, berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping usai bertemu pers di Aula Besar Rakyat di Beijing, pada 6 April 2023.
rmol news logo Presiden Republik Rakyat China (RRC) yang juga pemimpin Partai Komunis China (PKC) Xi Jinping dijadwalkan melakukan kunjungan ke sejumlah negara Eropa pada tanggal 5 sampai 10 Mei mendatang. Ini adalah kunjungan pertama Xi ke Eropa dalam lima tahun terakhir. Negara-negara yang akan dikunjunginya meliputi Prancis, Serbia, dan Hongaria.

Kunjungan terakhir yang dilakukan Xi Jinping sebelumnya di tahun 2019 gagal meyakinkan negara Eropa akan arti penting proyek Belt and Road Initiative (BRI). Di bulan Maret tahun itu, Xi Jinping mengunjungi Roma dan menandatangani dokumen BRI dengan Italia. Namun di akhir tahun itu juga Italia menarik diri dari BRI dengan alasan inisiatif tersebut tidak memberikan manfaat yang dijanjikan.

Perpecahan terbuka Italia dengan BRI adalah bagian dari serangkaian kemunduran dalam hubungan China-Eropa. Sentimen terhadap China memburuk di tengah meningkatnya persaingan geopolitik dan ekonomi.

Pada bulan Desember 2020, misalnya, Tiongkok dan Uni Eropa mencapai kesepakatan prinsip mengenai kesepakatan investasi bilateral. Namun, Perjanjian Komprehensif tentang Investasi, sebagaimana dikenal secara formal, tidak pernah benar-benar berlaku. Kurang dari enam bulan setelah perjanjian tersebut diselesaikan, Parlemen Eropa memutuskan untuk membekukan proses ratifikasi, dan menghukum China karena memberikan sanksi kepada anggota Parlemen Eropa yang telah berbicara menentang pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Tiongkok di Xinjiang.

Ketegangan antara Tiongkok dan Eropa di bidang ekonomi yang pernah menjadi perekat yang membantu mempersatukan hubungan semakin dalam sejak saat itu. UE kini mengawasi investasi China di benua ini, dan “kelebihan kapasitas” menjadi semboyan saat ini, dengan Komisi Eropa membuka serangkaian investigasi perdagangan yang pada akhirnya dapat mengakibatkan sanksi terhadap ekspor teknologi ramah lingkungan China.

Namun satu-satunya masalah yang paling bertanggung jawab atas rusaknya hubungan China dengan Eropa yang pada dasarnya mempercepat proses skeptisisme terhadap China yang sudah berkembang di negara-negara Eropa adalah invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari 2022.

China secara vokal menegaskan bahwa mereka adalah pihak netral dalam konflik yang sedang berlangsung. Seperti yang dikatakan juru bicara Kementerian Luar Negeri Lin Jian dalam konferensi persnya pada hari Senin, “Tiongkok bukanlah pencipta krisis Ukraina atau pihak di dalamnya. Kami tidak pernah melakukan apa pun untuk mengobarkan api atau mencari keuntungan dari krisis ini.”

Terlepas dari protes tersebut, pertukaran diplomatik tingkat tinggi yang sering dilakukan China dengan Rusia memperjelas di mana letak simpati Beijing. China juga bergegas mengisi kesenjangan yang disebabkan oleh penarikan perusahaan-perusahaan Barat dari pasar Rusia, baik dalam hal mengimpor energi Rusia atau mengekspor barang-barang penggunaan ganda ke Rusia.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikast Antony Blinken baru saja menyelesaikan kunjungannya ke China, di mana ia menjelaskan bahwa kesediaan Tiongkok yang berkelanjutan untuk memasok Rusia dengan teknologi yang berguna untuk keperluan militer merupakan topik diskusi utama. Dapat diperkirakan, isu Ukraina juga akan menonjol dalam diskusi Xi di Eropa, terutama di Perancis.

Meskipun China enggan memberikan item agenda tertentu, pengumuman Perancis sendiri memperjelas bahwa pertukaran akan fokus pada krisis internasional, pertama dan terutama perang di Ukraina dan situasi di Timur Tengah, serta masalah perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, juga  budaya dan olahraga,  serta darurat iklim.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa dia akan melakukan “segala kemungkinan” untuk memastikan gencatan senjata selama Olimpiade mendatang di Paris musim panas ini, dan akan meminta bantuan Xi untuk mewujudkannya.

Swiss menjadi tuan rumah konferensi perdamaian tingkat tinggi mengenai perang Rusia-Ukraina pada pertengahan Juni. Macron mungkin berharap dapat membujuk Beijing untuk mengambil bagian dalam pertemuan tersebut, dengan harapan dapat mencapai kemajuan nyata. China dilaporkan telah diundang, namun masih ragu apakah mereka akan hadir atau tidak.

Menurut catatan The Diplomat, dalam kunjungannya ke Beijing awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan China setuju dengan Rusia bahwa setiap konferensi perdamaian yang tidak mencerminkan posisi Moskow adalah “sia-sia.” Diplomat terkemuka China, Wang Yi, sedikit melunakkan hal tersebut, namun menyatakan keinginannya untuk melakukan perundingan damai “di mana semua pihak dapat berpartisipasi secara setara dan mendiskusikan semua solusi perdamaian secara adil.”

Kunjungan ke Prancis kemungkinan besar akan melibatkan beberapa pembicaraan sengit mengenai banyak masalah serius yang mengganggu hubungan China-UE.  rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA