Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Tertarik Gabung AUKUS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 01 Mei 2024, 18:49 WIB
Korea Selatan Tertarik Gabung AUKUS
Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik/Net
rmol news logo Korea Selatan sedang mempertimbangkan untuk menjalin kerjasama militer dan bergabung dengan kemitraan Australia, Inggris dan Amerika Serikat atau disingkat AUKUS.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik mengatakan, pembahasan terkait kerjasama militer AUKUS akan dibahas dalam pertemuan dua hari antara Korea Selatan dan menteri pertahanan dan luar negeri Australia pekan ini.

Shin mengapresiasi AUKUS karena menilai Korea Selatan layak menjadi mitra militer untuk transfer ilmu dan teknologi pertahanan.

“Kami menyambut baik bahwa anggota AUKUS mempertimbangkan Korea sebagai mitra Pilar 2 AUKUS dan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi pertahanan Korea akan berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas," kata dia, seperti dimuat Associated Press.

Selain Korea, Jepang juga sedang bergerak menuju pembicaraan formal untuk menjadi bagian dari pengembangan dan pembagian teknologi Pilar 2 AUKUS.

Menteri Pertahanan Australia Richard Marles menyambut baik upaya Korea Selatan untuk membangun hubungannya dengan Jepang, yang bersama dengan Australia, Amerika Serikat, dan India membentuk dialog keamanan yang dikenal sebagai Quad.

Marles berharap Korea Selatan dan Australia bisa bekerja sama  menegakkan tatanan berbasis aturan di kawasan dan dunia.

“Kami melihat ini merupakan langkah maju yang sangat positif dalam lanskap strategis di kawasan ini dan mewakili peluang besar bagi Australia untuk terlibat dengan Korea dan Jepang,” kata Marles dalam sebuah pernyataan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA