Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konfrontasi Barat Semakin Masif, Rusia Ajak Sekutu Asia Sering-sering Latihan Militer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 26 April 2024, 23:21 WIB
Konfrontasi Barat Semakin Masif, Rusia Ajak Sekutu Asia Sering-sering Latihan Militer
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menghadiri pertemuan yang diadakan oleh para menteri pertahanan Organisasi Kerjasama Shanghai di Astana pada Jumat, 26 April 2024/Net
rmol news logo Rusia mengajak sekutunya di Asia untuk lebih sering melakukan latihan militer gabungan guna mengantisipasi ancaman langsung dari Amerika Serikat dan aliansi Barat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu dalam pertemuan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Astana pada Jumat (26/4).

Shoigu dalam pertemuan tersebut mengungkapkan ancaman nyata Amerika Serikat dan sekutunya yang semakin gencar melakukan pengerahan infrastruktur militer di kawasan.  

“Saya yakin semua orang yang hadir memiliki pendapat yang sama bahwa pengerahan infrastruktur militer di kawasan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan sekutunya tidak dapat diterima,” kata Shoigu dikutip dari Reuters Jumat (26/04/2024).

Dia merujuk pada pembentukan aliansi militer QUAD dan AUKUS pimpinan AS yang dinilai digunakan untuk mencapai kepentingan mereka sendiri.

Menurutnya, hal ini harus disikapi negara-negara anggota SCO dengan tegas. Caranya dengan memperluas cakupan dan geografi latihan militer.

“Niat seperti itu harus dianggap sebagai ancaman langsung terhadap stabilitas SCO,” sambungnya.

Dalam pidatonya, Shoigu juga mengulangi kembali pernyataan Rusia yang menuduh Ukraina berada di balik serangan di sebuah gedung konser dekat Moskow bulan lalu.

Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) merupakan kelompok keamanan yang mencakup Rusia, India, Tiongkok, Iran, Pakistan, Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, dan Tajikistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA