Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komunitas Muslim India Rayakan Idul Fitri di New York

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 25 April 2024, 00:48 WIB
Komunitas Muslim India Rayakan Idul Fitri di New York
Komunitas Muslim India di New York, Amerika Serikat, rayakan Idul Fitri, Minggu (21/4).
rmol news logo Ratusan umat muslim India menyelenggaraan perayaan Idul Fitri 2024 di Konsulat India di New York.

Konsul Jenderal India di New York, Dr. Varun Jeph, mengatakan, Idul Fitri memiliki arti penting dalam lanskap budaya India serta merefleksikan gabungan budaya bangsa yang telah berusia ribuan tahun dan kesatuan dalam keberagaman.

Acara dimulai dengan pembacaan dan terjemahan Al Quran yang menggugah oleh Sumayya Ahmed.

Meski berhalangan hadir secara langsung, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer menyampaikan harapan tulusnya melalui pesan video, menekankan tema persatuan dalam cinta dan iman di masa-masa sulit yang ditandai dengan perpecahan dan kefanatikan.

“Kutipan khusus dari Negara Bagian New York diberikan kepada anggota pendiri IMC, Ilayas Quraishi dan lainnya, sebagai pengakuan atas kontribusi mereka terhadap masyarakat. Quraishi menyampaikan rasa rendah hati dan terima kasih atas dukungan masyarakat dalam melestarikan tradisi merayakan Idul Fitri di CGI di New York,” demikian antara lain disampaikan Konjen India di New York dalam keterangannya.

Berkaca pada perjalanan Muslim India di Amerika Serikat, Quraishi menekankan rasa kemanusiaan dan nilai-nilai kasih sayang, kemurahan hati, dan persatuan yang diwakilkan oleh Idul Fitri. Dia mengakui tanggung jawab mewakili lebih dari 200 juta Muslim India dan Muslim India Amerika di Amerika Serikat.

Sementara itu, Jenifer Rajkumar, Majelis Negara Bagian New York; perempuan India pertama yang terpilih di negara bagian tersebut, menceritakan hubungannya yang mendalam dengan komunitas Muslim dan upayanya untuk memberdayakan komunitas tersebut.

Dia menyoroti inisiatif seperti memperluas pilihan makanan halal di sekolah-sekolah umum dan memastikan diperbolehkannya azan di New York City.

Senator Negara Bagian New York John Liu mengakui populasi Muslim yang signifikan di India dan komunitas Indian Amerika yang berkembang pesat di New York, dan menekankan pentingnya persatuan dan solidaritas.

Anggota Dewan Yusef Salaam menyoroti makna simbolis Idul Fitri, yang mewakili rasa syukur, persaudaraan, dan persatuan di antara umat Islam di seluruh dunia.

Acara tersebut juga mendapat pesan dukungan dari Gubernur New York Kathy Hochul dan presentasi dari berbagai tokoh masyarakat, termasuk Sibu Nair, Wakil Direktur Urusan Asia Amerika untuk Negara Bagian New York.

Perayaan tersebut menampilkan beragam pertunjukan budaya, termasuk penjelasan tentang makna Idul Fitri, pertunjukan ghazal, permainan drum tradisional, dan stand-up comedy, yang menampilkan kekayaan warisan budaya komunitas Muslim India. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA