Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Disetujui Presiden Droupadi, Prof. Khatoon Jadi Wakil Rektor Perempuan Pertama di AMU

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Rabu, 24 April 2024, 17:39 WIB
Disetujui Presiden Droupadi, Prof. Khatoon Jadi Wakil Rektor Perempuan Pertama di AMU
Wakil Rektor Universitas Muslim Aligarh (AMU) Prof. Naima Khatoon Gulrez.
rmol news logo Prof. Naima Khatoon Gulrez yang sejak tahun 2014 menjabat sebagai Kepala Sekolah Wanita di Universitas Muslim Aligarh (AMU) di Uttar Pradesh, India, telah ditunjuk sebagai Wakil Rektor AMU, hari Senin kemarin (22/4).

Dewan Pemilihan di AMU mengirimkan tiga nama kepada Presiden Droupadi Murmu bulan November tahun lalu. Selain Prof. Khatoon, dua kandidat lain untuk jabatan Wakil Rektor AMU adalah Prof. Muzaffar Uruj Rabbani yang merupakan mantan Dekan Fakultas Farmasi  AMU dan Prof. Faizan Mustafa yang merupakan Wakil Rektor Universitas Nasional Chanakya di Patna.

Kementerian Pendidikan India dalam keterangan singkatnya mengatakan bahwa Presiden India dalam kapasitas sebagai Visitor AMU dengan senang hati menunjuk Prof. Naima Khatoon yang merupakan Kepala  Sekolah Wanita sebagai Wakil Rektor AMU untuk jangka waktu lima tahun.

Pencalonan Khatoon untuk posisi Wakil Rektor AMU sempat ditentang Pengadilan Tinggi Allahabad dengan alasan bahwa namanya dipilih oleh sebuah komite yang dipimpin oleh suaminya, Mohammed Gulrez, yang merupakan Deputi Wakil Rektor AMU.

Prof.  Khatoon menjabat sebagai Profesor dan Ketua Departemen Psikologi sebelum memegang jabatan Kepala Sekolah Wanita pada bulan Juli 2014.

Ia mendapatkan gelar Profesor pada Juli 2006, dan memulai karier akademik pada 1998.

Prof. Khatoon juga pernah mengajar di Universitas Nasional Rwanda, Afrika Tengah, selama satu tahun akademik.

Selain itu, Prof. Khatoon juga kerap memberikan kuliah di Universitas Louis Ville di AS , Universitas Alba Lulia di Rumania, Universitas Chulalongkorn di Bangkok, Hollings Centre di Istanbul, dan Hollings Center for International Dialogue Boston.

Sejauh ini ia telah menulis enam buku dan menerbitkan sejumlah makalah di jurnal bereputasi nasional dan internasional.

Bidang spesialisasinya adalah Psikologi Klinis, Kesehatan, Sosial Terapan dan Spiritual.

Selain akademisi, Prof. Naima Khatoon memiliki pengalaman luas di bidang Administrasi Pendidikan. Dia menjabat sebagai Rektor di Aula Indira Gandhi dan dua kali di Aula Abdullah. Beliau juga menjabat sebagai Wakil Direktur, Residential Coaching Academy dan Wakil Pengawas AMU.

Menurut website resmi AMU, Prof. Khatoon terpilih dua kali sebagai anggota Persatuan Mahasiswa Perguruan Tinggi Wanita. Ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Sastra dan Pemantau Aula Senior di Aula Abdullah dan Aula Sarojini Naidu. Dia dianugerahi Penghargaan Gadis Terbaik Papa Mian Padma Bhushan untuk keunggulan menyeluruh. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA