Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Luncurkan Satelit Nano dari Selandia Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 24 April 2024, 15:28 WIB
Korea Selatan Luncurkan Satelit Nano dari Selandia Baru
Foto ini menunjukkan peluncuran satelit nano Korea Selatan dengan roket orbital Electron ringan milik Rocket Lab dari Mahia, Selandia Baru, Rabu, 24 April 2024/Net
rmol news logo Satelit nano milik Korea Selatan diluncurkan ke orbit dari pelabuhan antariksa di Mahia, Selandia Baru pada Rabu (24/4).

Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Korea Selatan mengatakan bahwa satelit bernama NEONSAT-1 diluncurkan dengan roket Electron milik Rocket Lab.

"NEONSAT-1, dikerahkan ke luar angkasa pada ketinggian 520, sekitar 50 menit setelah peluncuran roket," bunyi laporan tersebut, seperti dimuat Korea Herald.

Dikembangkan oleh perusahaan milik pemerintah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), NEONSAT-1 memiliki berat kurang dari 100 kilogram dan memiliki resolusi 1 meter.

Seoul berencana meluncurkan lima satelit nano lagi ke luar angkasa pada Juni 2026 dan lima satelit nano lagi pada September 2027 untuk memantau Semenanjung Korea dan wilayah sekitarnya dengan lebih baik.

Awal bulan ini, Korea Selatan juga sukses meluncurkan satelit mata-mata buatan dalam negeri keduanya dengan roket SpaceX Falcon 9.

Korea Selatan meluncurkan satelit mata-mata pertamanya pada bulan Desember tahun lalu setelah Korea Utara menempatkan satelit mata-mata militer pertamanya ke orbit pada bulan November dan berjanji untuk meluncurkan tiga satelit mata-mata lagi tahun ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA