Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serangan Penipu Online asal Tiongkok Ganggu Beberapa Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 22 April 2024, 01:15 WIB
Serangan Penipu Online asal Tiongkok Ganggu Beberapa Negara
Ilustrasi
rmol news logo Banyak negara telah menahan, menangkap, atau mendeportasi warga negara Tiongkok yang melakukan sindikat penipuan internet lintas batas. Kekhawatiran semakin meningkat atas pesatnya perkembangan kelompok penipu Tiongkok di berbagai negara.

Penipuan online yang terungkap secara global dalam beberapa bulan terakhir memiliki kaitan yang sama; itu adalah keterlibatan unsur-unsur Tiongkok. Banyak negara telah menahan, menangkap, atau mendeportasi warga negara Tiongkok yang melakukan sindikat penipuan internet lintas batas. Kekhawatiran semakin meningkat atas pesatnya perkembangan kelompok penipu Tiongkok di berbagai negara.

Sebanyak 22 warga negara Tiongkok ditangkap oleh otoritas Zambia karena menipu orang menggunakan platform Telegram dan WhatsApp. Penipuan internet tersebut dilakukan oleh perusahaan Tiongkok yang beroperasi di Zambia dengan dalih sebagai call center. Pihak berwenang Zambia menyita 13.000 kartu SIM dan 11 kotak SIM untuk menyamarkan lokasi penelepon.

Dalam penggerebekan terakhir, polisi Myanmar 807 orang terkait dengan kejahatan dunia maya keuangan, 486 di antaranya adalah penduduk lokal dan 352 adalah warga negara Tiongkok.

Uang yang dihasilkan melalui penipuan online digunakan untuk memperburuk perang saudara di Myanmar. Geng penipu Tiongkok menipu orang dengan membujuk mereka untuk menyimpan uang dalam investasi palsu.

Pada tahun 2023, puluhan ribu orang Tiongkok ditangkap dan dideportasi ke negara asalnya oleh badan keamanan Myanmar. Jumlahnya melebihi 40.000 pada tahun 2022. “Kemungkinan besar Tiongkok dan kebijakannya tidak mampu mengendalikan perbatasannya dengan baik. Ada penyeberangan ilegal di beberapa titik,” kata Hla Kyaw Zaw, pengamat politik yang berbasis di Tiongkok.

Pengadilan di Los Angeles menjatuhkan hukuman penjara jangka panjang kepada dua orang Tiongkok dalam penipuan telepon yang memiliki hubungan dengan kelompok penipuan berbasis di Tiongkok bernama ‘Magic Lamp’. Mereka mencuci hasil penipuan yang disimpan di kartu hadiah Target. 
"Para terdakwa memperoleh lebih dari 5.000 nomor kartu hadiah dan kode akses dari sebuah kelompok di Republik Rakyat Tiongkok,” demikian bunyi siaran pers Departemen Kehakiman AS seperti dikutip dari PML Daily.
Masyarakat Nepal juga telah tertipu oleh kelompok penipuan dari Tiongkok yang menggunakan taktik lotere online, pinjaman, dan investasi. Polisi Nepal menangkap sembilan warga negara Tiongkok baru-baru ini dengan bukti kuat keterlibatan mereka dalam penipuan online.

“Sebelumnya, polisi kekurangan bukti karena mereka diketahui menjalankan call center atau melakukan aktivitas sah lainnya. Tapi kali ini kami punya cukup bukti,” kata perwira senior polisi Nepal Manoj KC.

Penangkapan ikan secara online oleh kelompok Tionghoa menggunakan romansa sebagai alat untuk menipu generasi muda di Indonesia. Mereka menjebak remaja Indonesia ke dalam perangkap hubungan romantis online dan meminta uang serta informasi pribadi. Mereka kemudian memeras para korban dengan ancaman akan mempublikasikan video mesra yang direkam saat video call. Pada tahun 2023, Indonesia mendeportasi 153 warga negara Tiongkok, yang menghasilkan USD 1,3 juta dari penipuan percintaan, kembali ke Tiongkok.

“Penipuan cinta adalah kejahatan terorganisir dengan investasi yang sangat besar. Keuntungan dari kejahatan ini juga sangat besar,” kata Krishna Murti, pejabat senior kepolisian Indonesia. Penipu Tiongkok berhasil membuat korban membayar uang melalui manipulasi emosi manusia, kata polisi.

Para ahli khawatir bahwa kemajuan teknologi internet dapat membuat operasi penipuan di Tiongkok menjadi lebih kuat. “Mereka dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat video dan foto palsu serta menipu korban yang tidak memiliki literasi digital,” kata analis keamanan Pratama Dahlian Persadha yang berbasis di Jakarta.

Laos mengungkap operasi penipuan yang dilakukan oleh elemen Tiongkok, khususnya, di Zona Ekonomi Khusus Segitiga Emas (GTSEZ) di negara tersebut. Ini mengirim beberapa ratus penipu Tiongkok kembali ke Tiongkok.

“Saya berharap jumlah penipu Tiongkok terus berkurang di KEK Segitiga Emas dan di seluruh negeri,” kata seseorang kepada Radio Free Asia.

Laos kini khawatir dengan masuknya penipu asal Tiongkok ke negara tersebut setelah adanya tindakan yang diambil oleh pemerintah Myanmar. “Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa banyak dari kelompok penipuan ini mungkin memilih untuk merelokasi operasi mereka ke Laos,” kata seorang pejabat. “Kedutaan besar memantau situasi ini dengan cermat untuk melindungi warga negaranya.”

Korea Selatan, India, dan Uzbekistan termasuk di antara negara-negara yang terkena dampak penipu Tiongkok, yang menipu warganya secara online. Banyak warga negara India yang menjadi korban aplikasi pinjaman online palsu yang dioperasikan oleh warga negara Tiongkok, sehingga menyebabkan eksploitasi keuangan dan pelanggaran privasi. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA