Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Produk Indonesia Catat Transaksi Rp253 Miliar di Pameran Dagang Cafex Expo Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 22 April 2024, 12:09 WIB
Produk Indonesia Catat Transaksi Rp253 Miliar di Pameran Dagang Cafex Expo Mesir
Pelaku usaha Indonesia yang mengikuti acara Pameran Dagang Cafex Expo di Egypt International Exhibitions Center (EIEC), Kairo, Mesir pada Sabtu, 20 April 2024/Ist
rmol news logo Keikutsertaan Indonesia di Pameran Dagang Cafex Expo Mesir, berhasil mencetak transaksi potensial senilai 15,68 juta dolar AS atau setara Rp253 miliar.

Berdasarkan keterangan yang diterima redaksi pada Senin (22/4), pameran tersebut berlangsung sejak 18 hingga 20 April 2024 di Egypt International Exhibitions Center (EIEC), Kairo, Mesir.

Pameran tersebut diikuti 11 pelaku usaha Indonesia di sektor makanan dan minuman dan produk turunan agro industri yaitu PT Global Kepri, CV. Morisama Sulawesi Selatan, PT. CMN Internasional Indonesia, PT. Siraj Badawi Cukup Rupiah (SBCR) Surabjaya Food, PT. Kans Agro Indonesia, PT. Indo Expo Sejahtera, PT. Ben Java Nusantara (Binaan PPI Dunia).

Kemudian dari PT. Andalus Bangun Global, PT. Hadin Metavisi Akademika Univ. Hasanuddin, PT. Golden Coffee dan PT. Asal Jaya dan 3 pelaku usaha Mesir yang menjadi distributor produk Indonesia yaitu Villa Sumatra, Haggag for Import Co dan Al Fayoumy for Food Trading, Imports,  Exports and Distribution.

Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf mengungkap, produk makanan dan minum Indonesia berhasil mencatatkan transaksi yang begitu besar, beberapa di antaranya ialah produk biji kopi, kemudian bubuk kakao, kelapa dan turunannya serta briket arang.

"Keikutsertaan Indonesia pada pameran dagang ini sangat penting guna memperluas pangsa ekspor produk Indonesia ke wilayah Mesir dan sekitarnya," ungkap Dubes.  

Dubes Lutfi menekankan kepada para eksportir dan suplier Indonesia agar dapat memenuhi permintaan yang telah menjadi kesepakatan kontrak perdagangan sehingga kerjasama terus berlanjut.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti  menerangkan produk makanan minuman RI yang dipamerkan diantaranya biji kopi spesialti, kopi robusta, kopi arabika, bubuk kakao, coklat, rumput laut, madu, briket arang batok kelapa, coco peat, tuna, kecap dan saos, rempah-rempah, mentega putih, buah mamay sapote, kerajinan tangan dan produk perlengkapan rumah tangga.

Atdag Syahran menambahkan, kesuksesan Paviliun Indonesia pada Cafex Expo 2024 ini merupakan hasil kerja sama antara Kemendag dengan KBRI Kairo dan diprediksi nilai transaksi akan bertambah.

"Nilai transaksi diproyeksikan masih akan bertambah seiring upaya negosiasi lanjutan yang dilakukan peserta eksibitor Indonesia usai pameran berlangsung," ujarnya.

Selanjutnya guna mempromosikan potensi pariwisata Indonesia, KBRI Kairo juga mempersembahkan tari tarian nusantara diantaranya tari Ratoh Jaroe dari Aceh, Tari Gajak Gijik dari Jakarta dan Tari Kontemporer Asmaradana untuk menghibur para pengunjung pameran Cafex 2024.

Diputarkan juga video pariwisata Indonesia pada layar Paviliun Indonesia yang ditayangkan selama pameran bergantian dengan beragam komoditi potensial dan produk strategis Indonesia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA